Daihatsu Gagal Produksi Cast Activa, Mirip Ignis

Daihatsu Cast Activa.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tahun lalu, di Gaikindo International Auto Show (GIIAS), PT Astra Daihatsu Motor banyak memajang mobil konsep, salah satunya Cast Activa. Jika melihat desainnya cukup terlihat futuristik sama seperti halnya Suzuki Ignis.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Namun, PT ADM masih ragu untuk memproduksi massal mobil yang satu ini. Padahal, Amelia Tjandra sebagai Marketing Direktur PT ADM saat itu, sempat melontarkan bahwa city car konsep ini sedang masa studi untuk mempelajari pasarnya di Indonesia.

Tetapi, setelah berjalan setahun, mobil tak kunjung hadir. Sebab, PT ADM memang masih mempertahankan karakter desain yang simpel dan sederhana, seperti produk-produknya yang sudah terjun di pasar saat ini.   

Daihatsu Gran Max 4 Rupa Ramaikan Pameran GIICOMVEC 2024

“Kalau rencana mau bikin yang baru. Kalau di Daihatsu, untuk desain mobil semuanya berbeda-beda untuk Jepang, India, dan Malaysia saja berbeda dengan yang di Indonesia,” ujarnya di Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu 22 Juli 2017.

Lanjut dia, tidak seperti Ignis yang desainnya memang untuk pasar global dari India hingga Indonesia. “Kalau di paksakan juga tidak akan balik modal, karena CBU bukan tipikal mobil investasi. Kalau kita tetap jual dengan volume rendah tidak akan kena, karena harganya akan tinggi,” katanya.

Daihatsu Xenia Kena Recall

Masih menurut Amel, jika dipaksakan dijual di Indonesia juga tidak akan dimakan pasar. Karena, orang Indonesia itu tidak suka dengan desain mobil yang nyeleneh.

“Karena dari pelajaran kita beberapa brand yang memasukkan desain futuristik yang sangat nyeleneh awalnya saja tinggi dan sesudahnya ya drop,” katanya.

Sebagai informasi, urusan dapur pacu, mobil mungil yang akrab disebut Kei Car ini mengadopsi mesin tiga silinder dengan kapasitas sekitar 1.000cc, serta sudah dilengkapi turbocharger, dan transmisi Continous Variable Transmission (CVT).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya