Cara Mudah Rawat Mobil Matik, Rutin Ganti Oli Transmisi

Ilustrasi memeriksa kondisi oli mobil.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id – Populasi mobil bertransmisi otomatis atau matik makin tahun makin tinggi. Hal itu dikarenakan mobil matik menawarkan berbagai kemudahan untuk menghadapi kemacetan di jalan, khususnya perkotaan. Dengan penggunaannya yang setiap hari menghadapi kemacetan serta perubahan cuaca, maka komponen transmisi otomatis membutuhkan perhatian terutama pada oli transmisi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Assistant Sales Manager Aisin Indonesia Benny W. Liem mengatakan, perawatan transmisi otomatis sangat wajib dilakukan para pengguna kendaraan. Yang paling utama adalah memerhatikan kondisi oli transmisi. Dia merekomendasikan penggantian secara berkala dilakukan kendaraan yang telah menempuh jarak 20 ribu kilometer atau dua tahun, mana yang terlebih dahulu.

"Harus maintenance secara berkala tiap dua tahun atau setiap 20 ribu kilometer, harus diganti tuh, soalnya biasanya warnanya kelihatan hitam kalau sudah 20 ribu," kata Benny saat peluncuran oli Aisin di Kawasan Petojo Utara, Jakarta Pusat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut dia, oli transmisi memegang peranan penting untuk melumasi seluruh komponen yang berada dalam gearbox. "Oli transmisi sensitif ya, gearbox ini kalau sekali rusak kalau mau perbaiki harganya cukup mahal, bisa puluhan juta rupiah," ujarnya.

Dia mengatakan jika perawatan berkala tak dilakukan dengan baik, maka pengguna harus siap-siap menghadapi masalah pada transmisi otomatis. Adapun gejala yang ditimbulkan seperti getaran pada mobil saat pergantian gigi. "Mau pindah gigi juga macet, susah banget. Oli transmisi kan fungsinya memperpanjang umur transmisi otomatis dan menghindari reparasi yang memakan biaya besar," kata dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Rilis Oli Baru

Sementara itu, PT Berkat Otopart Indonesia selaku distributor tunggal Aisin di Tanah Air meluncurkan oli mesin dan oli transmisi otomatis bagi pengguna pengguna mobil. Ada tiga produk oli transmisi otomatis yang diluncurkan, yakni AFW, AFW+ dan CFEx. Adapun fungsi ketiganya meningkatkan kualitas pergantian gigi sehingga pengguna tidak akan merasakan getaran pada saat perpindahan transmisi.

Penggunaan oli transmisi otomatis juga menjadikan performa kendaraan akan meningkat dan proteksi terhadap sistem transmisi otomatis mobil bisa berjalan dengan baik.

Selain oli transmisi otomatis, Aisin juga meluncurkan enam jenis oli mesin di Indonesia. Adapun pilihannya terdiri dari, Aisin Semi Syntetic Motor Oil SN/CF 10W-40 untuk mesin bensin. Lalu, Aisin Semi Syntetic Motor Oil SN/CF 10W-30 untuk mesin bensin, Aisin Fully Syntetic Motor Oil SN/CF 5W-40 yang diperuntukkan untuk mesin bensin dan Aisin Fully Syntetic Motor Oil SN/CF 5W-30 untuk mesin bensin.

Untuk mobil diesel yakni Aisin Fully Syntetic Motor Oil CI-4/SL 10W-40 dan Aisin Semi Syntetic Motor Oil CI-4/SL 15W-40.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya