Empat 'Senjata' Mitsubishi Expander untuk Lawan Avanza

Mobil Terbaru Next Generation MPV Dari Mitsubishi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia resmi memperkenalkan produk barunya. Mobil tersebut akan mengisi segmen low multi purpose vehicle atau MPV, yang saat ini ditempati beberapa produk, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Terpopuler Otomotif: Daftar Mobil MPV Mewah Terlaris, Angkot Lawan Arus Digeber Lamborghini

Dalam acara tersebut, terlihat mobil yang disebut-sebut mengusung nama Expander itu dalam wujud utuhnya. Secara umum, Expander memiliki kontur bodi gabungan antara Pajero Sport dan Outlander.

Meski mobil ini masuk kategori MPV, namun bentuknya lebih menyerupai mobil sport utility vehicle atau SUV. Mobil model MPV yang terlihat mirip SUV sebelumnya diperkenalkan oleh Honda melalui BR-V.

Fitur Mewah Ini Bakal Ada di Toyota Innova Baru

Dirakit di pabrik baru Mitsubishi yang ada di Cikarang, Jawa Barat, Expander digadang-gadang bakal mengganggu penjualan mobil sejuta umat andalan Toyota, yakni Avanza. Hal itu dikarenakan keduanya masuk kategori yang sama.

Berdasarkan data yang diterima VIVA.co.id, Expander memiliki panjang 4.475 milimeter, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700  mm.

Satu Lagi Mobil Baru Segera Meluncur dan Bakal Jadi Rival Toyota

Jika dilihat dari dimensinya, jelas ukuran mobil ini lebih lega dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sekadar informasi, Avanza memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Mobil Terbaru Next Generation MPV Dari Mitsubishi

Mobil baru Mitsubishi (Foto: VIVA.co.id/Ali Wafa)

Perbedaan kedua ada pada jarak ke tanahnya. Jika Expander memiliki jarak ke tanah sebesar 205 mm, maka Avanza sedikit lebih rendah, yakni 200 mm.

Selanjutnya...fitur yang tidak dipunyai Avanza

Soal mesin, tenaga yang dihasilkan Expander juga lebih besar. Dilansir dari Indianautosblog, meski sama-sama mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc, namun mesin Expander mampu menghasilkan tenaga 120 daya kuda dan torsi 145 Newton meter.

Sedangkan, mesin Avanza terbaru hanya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 102 daya kuda dan torsi 136 Nm. Dan keunggulan Expander yang terakhir adalah dalam hal fitur pengaman.

Dilansir dari Paultan, Senin 24 Juli 2017, Mitsubishi Indonesia melengkapi Expander dengan fitur keyless operation. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci.

Mobil Terbaru Next Generation MPV Dari Mitsubishi

Mobil baru Mitsubishi (Foto: VIVA.co.id/Ali Wafa)

Meski memiliki beberapa keunggulan, namun semua itu bukan jaminan bahwa Expander bisa sukses diterima masyarakat Indonesia.

Walaupun harga kedua mobil itu hampir sama, tapi faktor lain, seperti layanan purnajual serta harga jual kembali, menjadi kunci keberhasilan sebuah produk mobil bisa diterima konsumen secara luas.

Sekadar informasi, Mitsubishi Indonesia akan melakukan peluncuran Expander secara global di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang digelar pada 10-20 Agustus mendatang di ICE BSD, Tangerang Selatan. (one)

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya