Penjualan Mobil Bekas di Situs Online Ikut Memble

Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Penjualan mobil bekas melalui perantara media online OLX mengalami penurunan sebesar 23 persen pada Ramadan 2017 lalu. Adapun mobil yang berhasil dijual sebanyak 318 ribu unit.

Masih Banyak Peminatnya, Segini Harga Mobil Bekas Honda Jazz

"Mobil bekas yang dijual sebesar 318 ribu unit pada Ramadan 2017. Turun 23 persen dibanding 2016 yang berhasil dijual di OLX sebesar 394 ribu unit," kata Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian di Jakarta, Selasa 25 Juli 2017.

Dia mengatakan penurunan penjualan mobil bekas di situs jual beli online OLX, lantaran daya beli yang memang menurun. Membeli mobil baik bekas maupun baru umumnya tak menjadi prioritas masyarakat pada waktu tersebut.

Bakal Hadir Versi Baru, Toyota Innova Bekas Harganya Mulai Rp80 Jutaan

"Penurunan terjadi karena membeli mobil bukan menjadi prioritas yang mereka cari atau mereka jual. Mobil baru trennya juga turun ya," ujarnya menambahkan.

Dia menambahkan, libur panjang juga jadi faktor. Secara teknis libur panjang mengganggu pengajuan proses kredit.  Proses kredit banyak yang tidak selesai karena dipotong oleh libur panjang lebaran.

Harga Mobil Bekas 2022, Honda Jazz Mulai Rp60 Jutaan

"Libur panjang pengaruh juga dalam approval kredit. Banyak yang terhambat, tak sedikit juga yang batal," tuturnya.

Namun Kiki menampik penurunan penjualan mobil bekas selama Ramadan 2017 disebabkan karena faktor harga. Harga rata-rata atas setiap transaksi penjualan mobil pada waktu tersebut meningkat sebesar 6 persen dibanding 2016.

"Rata-rata transaksi setiap mobil terjual adalah Rp101 juta. Sementara tahun lalu berada di angka Rp95 juta. Tapi itu tak jadi penyebab penurunan, karena harga kan dijual dengan beragam. Konsumen punya banyak pilihan," kata dia.

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya