Lima Kunci Mobil Unik yang Ada di Dunia

Kunci BMW seri 7.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA.co.id – Seiring perkembangan zaman, kunci mobil juga terus mengalami transformasi. Apabila dahulu pabrikan memberi gerombolan kunci untuk digunakan menghidupkan mesin atau membuka-mengunci pintu, kini beberapa model mulai beralih ke jenis kunci cerdas atau karib disebut smart key. Biasanya dibekali pada mobil-mobil kelas menengah ke atas.

Jangan Panik, Ini Penyebab Remote Kunci Tidak Bekerja

Setiap merek kendaraan memiliki ciri khas kunci cerdas masing-masing. Namun pastinya, fitur yang ditawarkan cukup canggih. Dengan kunci cerdas ini, pengemudi sudah tidak perlu lagi mengeluarkan kunci dari saku atau tas. Penggunaan kunci secara konvensional sudah tidak lagi dilakukan. Jadi bisa menyalakan mobil atau membuka kunci mobil tanpa harus memasukkan kunci ke lubang.

Dari sekian banyak model, ada lima kunci mobil yang cukup mencuri perhatian. Kelebihan yang ditawarkan juga menarik. Apa saja? Berikut ini seperti dilansir Business Insider, Rabu 26 Juli 2017.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

1. Tesla Model S

Kunci mini Tesla Model S sangat menarik. Kunci ini dapat digunakan untuk memanggil mobil. Maksudnya? Ya, kunci dengan desaon menyerupai mobil versi mini dari mobil itu sendiri tak hanya dapat digunakan untuk membuka dan mengunci pintu mobil, kunci semi remote tersebut juga dapat digunakan untuk memerintahkan mobil maju dan mundur. Dengan begitu mobil ini akan langsung terparkir secara rapi, meski tak dikemudikan di balik setir.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

2. BMW seri 7

Kunci milik BMW seri 7 memiliki empat tombol untuk membuka-mengunci mobil, membuka bagasi, dan panic button. Menariknya kunci mobil ini memiliki layar touchscreen berukuran 2,2 inci dan bisa digunakan untuk berbagai informasi. Di antaranya melihat informasi cuaca, status apakah mobil sudah terkunci dengan baik, dan keadaan bahan bakar.

Anda juga bisa mengatur keadaan suhu ruangan dalam kabin mobil, dan pengalihan lampu mobil dari kunci. Anda juga bisa menggunakan kunci sebagai remote yang digunakan untuk memakirkan mobil.

3. Koenigseg

Kunci ini berbahan metal dan mempunyai bentuk seperti perisai milik Koenigseg. Sebenarnya tidak banyak kelebihan atau fitur spesial dari kunci ini. Namun dengan kunci itu, banyak orang akan tahu bila Anda membawa sebuah supercar asal Swedia. Banyak orang bahkan bangga meski hanya berfoto sambil menggenggam kunci mobil ini.

4. Jaguar F-Pace

Kunci mobil ini unik, karena bisa dipakai seperti jam di pergelangan tangan Anda. Fungsinya tentu saja dapat membuka dan mengunci mobil. Tidak hanya itu, kunci ini juga dibuat agar tahan air. Kunci Jaguar F-Pace dihadirkan sebagai opsi jika pemilik ingin menggunakannya. Harganya sekira US$400 atau setara Rp5,3 jutaan.
 
5. Volvo

Jika Anda bosan dengan adanya kunci mobil, Volvo menawarkan aplikasi kunci mobil yang digunakan dengan bluetooth pada smartphone. Tombol pada aplikasi tersebut dapat digunakan untuk membuka dan menutup mobil dan juga dapat menyalakan mesin mobil secara otomatis. Namun Volvo masih belum mengatakan apakah aplikasi ini akan sepenuh nya menjadi kunci mobil atau hanya sebagai tambahan fitur. (ren)

Laporan: Sheila Dwiandani / Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya