Mobil Dipakai Balap-balapan, Otomatis Asuransinya Gugur

Derek mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Menggunakan asuransi kendaraan merupakan salah satu langkah melindungi mobil kesayangan dari kerusakan akibat kecelakaan. Hal ini dikarenakan fungsi asuransi dapat meringankan beban ketika terjadi risiko akibat kecelakaan.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui hal apa yang bisa menyebabkan klaim asuransi kendaraan dapat gugur alias ditolak.

Communication and Event Manager Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto tak menampik masih banyak masyarakat yang malas membaca perjanjian hingga saat melakukan klaim ditolak asuransi.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

"Masih banyak orang enggak tahu apa saja yang bisa menyebabkan klaim asuransi ditolak," kata Iwan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Dia mengatakan, adapun yang bisa menyebabkan klaim asuransi ditolak adalah pengemudi melakukan pelanggaran hukum seperti ugal-ugalan. Hal yang sama juga berlaku saat pengemudi memarkir kendaraan di sembarang tempat dan mabuk.

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

"Mobil untuk balap-balapan asuransi gugur, otomatis. Pemilik kendaraan harus baca dahulu perjanjian asuransinya," ujarnya.

Menurut Iwan balap liar merupakan pelanggaran hukum. Oleh karena itu kecelakaan yang diakibatkan karena balap liar tak dapat ditanggung oleh asuransi. Artinya klaim asuransi pemilik kendaraan ditolak.

"Pengemudi yang tidak memiliki SIM saat berkendara juga dapat ditolak klaimnya. Tapi lain hal jika pengemudi punya SIM kecelakaan enggak melanggar lalu lintas tiba-tiba keserempet atau bagaimana, ya diklaim saja," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya