Begini Jadinya Bila Suzuki Escudo Pakai Mesin Turbo

Suzuki Escudo Turbo.
Sumber :
  • Motormagazine

VIVA.co.id – Salah satu mobil Suzuki yang sempat tenar di Indonesia yakni Escudo. Mobil ini merupakan varian penggerak dua roda dari tipe Vitara.

7 Mobil SUV Bekas di Bawah Rp100 Juta

Saat ini, hanya Vitara yang masih dijual di Indonesia. Meski demikian, Escudo tetap diproduksi untuk pasar negara lain.

Dilansir dari Motormagazine, Selasa 5 September 2017, Escudo produksi Suzuki Hungaria dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni 1.600 cc standar dan 1.400 cc turbocharged. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip, hanya beda di mesin saja.

Honda HR-V Terbaru yang Meluncur di Indonesia Pakai Mesin Turbo?

Mesin 1.400 cc pada versi Turbo mampu menghasilkan tenaga lebih besar 19 daya kuda dan torsi 59 Newton meter dibandingkan mesin 1.600 cc.

Saat diuji di jalanan Jepang, respons mesin 1.400 cc dan 1.600 cc sangat berbeda. Mesin yang lebih besar kapasitasnya terkadang kurang bisa mengimbangi keinginan pengemudi, lain halnya dengan mesin Turbo yang kapasitasnya lebih kecil.

Ditangkap KPK, Mobil Bupati Kutai Timur Cuma 1 tapi Spesial

Meski masih memiliki turbo lag, yakni adanya jeda sesaat sebelum efek turbocharger mulai terasa, namun hal itu dianggap tidak terlalu mengganggu.

Tuas transmisi Suzuki Escudo Turbo.

Tuas transmisi Suzuki Escudo Turbo (Foto: Motormagazine)

Konsumsi bahan bakar kedua mesin tidak jauh berbeda. Saat perjalanan di dalam kota, konsumsi BBM mencapai satu liter untuk tiap 13 kilometer. Sedangkan saat melaju di jalan bebas hambatan, angkanya naik menjadi satu liter per 20 km.

Berbeda dengan Escudo zaman dulu yang dijual di Tanah Air, versi terbaru yang dipasarkan di Jepang dilengkapi dengan penggerak semua roda. Pengaturan penggerak dilakukan melalui tombol yang tersedia di bawah tuas transmisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya