Rekam Jejak Wuling Sempat Tak Dipercaya Diler

Test drive Wuling Confero S di GIIAS 2017.
Sumber :
  • Seven Event

VIVA.co.id – Arista Group dikenal sebagai pemegang diler resmi beberapa merek otomotif di Indonesia. Kini, Arista juga menjadi salah satu pemegang diler resmi mobil merek China, Wuling di berbagai wilayah di Tanah Air

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

Presiden Direktur Wuling Arista, Ali Hanafiah, mengaku tak mudah bagi perusahaan seperti Arista untuk menjatuhkan pilihan bisnis kepada merek yang baru masuk ke Indonesia. Terlebih grup dealership ini sudah 30 tahun menjalani bisnis jual beli produk otomotif.

"Banyak pertanyaan kenapa Arista kok mau jadi diler Wuling, pertanyaan ini wajar dan lumrah mengingat organisasi kami yang sudah mapan di otomotif, kemudian cabang juga banyak. Yang jelas keputusan bukan tiba-tiba," kata Ali kepada wartawan di diler Wuling HR Muhamad, Surabaya, Selasa 20 September 2017.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

Pertimbangan untuk menjadi diler resmi mobil Wuling, dikatakan Ali, sudah sangat matang dan dilakukan dengan berbagai persiapan. Jadi bukan hanya sekadar mengambil lisensi untuk menjadi bagian Wuling Motors di Indonesia.

"Pertama kali tim Wuling datang, kami enggak langsung terima. Kami lakukan berbagai pengecekan, lihat sepak terjang di China, kemudian compare dengan penjualan di pasar global, cari tahu siapa saja share dan stakeholder-nya, bahkan hingga melakukan kunjungan ke kantor pusatnya," kata dia.

Hadir Perdana di GIICOMVEC 2024, Wuling Pamer Modifikasi Mobil Niaga

Buka Pabrik

Tidak sampai di situ, Arista Group juga melihat keseriusan Wuling Motors di Indonesia dengan membuka pabrik dan melakukan investasi, baru kemudian dilakukan kerja sama untuk menjadi salah satu diler resmi Wuling di Tanah Air.

"Pengambilan keputusan itu kami butuh waktu kira-kira satu tahun. Perbandingan dengan brand China sebelumnya, ini beda karena produk China yang lain tidak berinvestasi di Indonesia. Sementara Wuling melakukan survei terhadap market dan membuat produk sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, maka kami ambil keputusan ini," ujar Ali.

Dari laman resmi Arista Group diketahui diler Wuling di bawah naungan Arista berada di berbagai wilayah, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, dan Kalimantan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya