Ternyata Fan Radiator Evalia 'Klik' untuk Juke, Lebih Murah

Kipas radiator
Sumber :
  • Sggarage

VIVA.co.id – Beberapa penyebab utama temperatur mesin mobil naik saat digunakan diantaranya karena kemungkinan ada kebocoran pada sistem pendingin atau fan radiator yang mati. Fungsi fan radiator atau kipas ini untuk membuang panas mesin dan mempengaruhi kinerja AC.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Kata Dian, salah seorang service advisor bengkel Nissan di Puri Kembangan, mengatakan, rata-rata penyebab fan radiator mati karena faktor umur dan biasanya salah satu brush habis. Kata dia, penyebab lainnya magnet dan kumparan di dalam fan melemah atau beiring macet.

Nah dalam kesempatan ini, VIVA.co.id mengulas masalah fan radiator pada mobil Nissan Juke RX. Sebagai gambaran, untuk harga fan radiator Juke berkisar Rp2 jutaan. Tapi menurut Dian, hal itu dapat diakali untuk menekan biaya pengeluaran.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Rupanya untuk fan radiator Nissan Juke masih bisa menggunakan punya Evalia yang harganya tentu lebih murah sekitar Rp900 ribu.

"Kalau Nissan Juke fan radiatornya mati bisa pakai Evalia keseluruhan sama bentuknya tinggal plug. Hanya warna covernya saja berbeda, fan milik Juke warna hitam, Evalia agak merah dan harganya lebih murah," katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Sementara menurut Sugandi kepala bengkel diler Nissan di Halim, Jakarta Timur, memang secara bentuk sama dan kedudukannya juga sama tinggal plug and play antara fan Nissan Juke dan Evalia.

Tapi, kata dia, karena tidak pernah membongkar isi dalam fan, maka tidak bisa diketahui apakah brush, gulungan tembaga fan Juke dan Evalia itu sama atau tidak.

"Memang secara mesin sama-sama 1.500 cc tapi kita enggak tahu ada perbedaan komponen di dalamnya atau tidak. Misalnya kumparan, atau brushnya sebab dari harga saja sudah berbeda besar kemungkinan fan radiator Juke lebih canggih karena harga enggak bisa bohong, meskipun kode partsnya sama," terangnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya