Tips dari Pedagang, Cara Mudah Ketahui Mobil Bekas Banjir

Mobil bekas. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Membeli mobil bekas memang menjadi alternatif bagi sebagian orang. Namun tentu ada risiko yang mesti dihadapi, seperti kendaraan tersebut bekas terendam banjir. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian sebelum membeli mobil bekas.

Anak Buah Letkol Kunto Suplay Logistik untuk Korban Banjir di Musi Rawas Utara

Herijanto Kosasih, senior manager sentra mobil bekas WTC Mangga Dua mengatakan, ada cara paling mudah mengenali mobil bekas banjir. Hal ini pula yang kerap dilakukan para penjual mobil bekas sebelum mengambil dagangan dari konsumen, yakni memeriksa alamat pemilik sebelumnya.

"Pertama itu lihat surat-surat, BPKB dan STNK, pemilik awal daerah rawan banjir enggak. Kalau rawan banjir, sebaiknya pikir-pikir lagi sebagus apapun mobilnya," kata Herijanto kepada VIVA.co.id, Kamis 19 Oktober 2017.

Korban Banjir di Tangsel Dapat Paket Bantuan Kadaluarsa, Kini Ditarik Kembali

Selain surat-surat dan alamat mobil, dikatakan Herijanto, pemilik harus jeli melihat kondisi fisik mobil. "Biasanya mobil yang bekas banjir dari fisik kelihatan, namanya air kotor kan itu pasti ada yang membekas, tinggal pembeli jeli saja melihatnya," ujarnya.

Sementara itu, Acing, pedagang mobil bekas dari showroom Kerta Kemala Mobil di Mega Glodok Kemayoran mengatakan, ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengetahui mobil bekas terendam banjir atau tidak. 

Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa di Kerinci-Sungai Penuh, 932 Rumah Warga Terendam

Paling pertama, dengan melakukan pengecekan menyeluruh untuk komponen mesin, transmisi, hingga kelistrikan di bengkel. Mobil-mobil baru yang menggunakan computerized sudah pasti lebih sensitif dengan banjir ataupun genangan, sehingga pengecekan komputer bisa diketahui kondisi komponen mobil yang sebenarnya.

"Sisanya tidak ada yang spesifik. Lihat bodi biasanya bekas banjir ketahuan. Kemudian kaki-kaki juga kalau sering kena air biasanya rentan aus. Sama paling mudah aroma kabin. Mobil kalau sudah sempat dia terendam banjir, baunya susah banget hilang dan baunya enggak enak banget," ujarnya. (mus)

Anies Baswedan

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan mengunjungi korban banjir di Kampung Galapuang, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024