Toyota Rencanakan Sienta Hybrid Hadir di Indonesia

Toyota Sienta Hybrid.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Toyota kabarnya tengah bersiap menghadirkan Sienta Hybrid di Indonesia. Informasi tersebut santer setelah beredarnya foto Sienta Hybrid diangkut dengan towing di jalan raya menuju markas Toyota. Rupanya mobil itu didatangkan dari negeri asal Toyota, Jepang.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Terkait ini, VIVA.co.id menghubungi pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dalam keterangannya, Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro mengakui mendatangkan Sienta Hybrid untuk sejumlah riset di Indonesia. 

"Kalau ada mobil-mobil baru di negara lain pasti kita order, kita beli, jadi banyak, bukan itu saja (Sienta hybrid), banyak mobil-mobil yang sudah diproduksi terus kita datangkan ke sini. Karena kalau ada teknikal studi, kita komparasi, dan itu kegiatan biasa," ujar Yui.

Suzuki Siapkan Mobil Hybrid yang Dijual Murah Untuk Indonesia

Banyak pihak yang selama ini memang meragukan apakah benar Toyota akan memasukkan Sienta hybrid ke Indonesia. Sebab pajak mobil hybrid memang terkenal mahal, lantaran punya dua mesin yang kemudian berimbas pajak menjadi membengkak.

Tetapi Toyota belakangan tampak mulai mendapat angin segar setelah pemerintah menggulirkan rencana program Low Carbon Emmision Vehicle, di mana pabrikan akan menerima insentif pajak pada model hybrid dan listrik murni.

Namun begitu, Yui kembali menegaskan, Sienta Hybrid belum akan diproduksi dalam waktu dekat, mengingat proses studi masih terus dilakukan. Dia juga memastikan andaipun dirilis, ground clereance dan posisi baterainya akan berbeda.

"Makanya saya bilang masih studi, tentang spesifikasi di jalanan di Indonesia bagaimana, tapi belum sampai ke sana. Jadi teknikal studi saja dan itu sudah biasa," tuturnya.

Huawei Hadirkan SUV Hybrid Jetour X-1 Dibekali Otonom Level 3

Seperti diketahui, Sienta bermesin hybrid ini memiliki ground clearance yang lebih rendah ketimbang mesin bensin yang sudah ada di pasar Tanah Air. Maka tak heran kalau TMMIN berencana mengubah posisi baterai agar sesuai dengan kondisi jalan di Tanah Air yang terkadang akrab dengan banjir. "Produksi di sini masih jauh, jadi kita masih coba saja mobil ini. Saya belum bisa bicara jauh ke sana," tuturnya. (one)

Nissan Juke versi Hybrid

Nissan Juke Terbaru Meluncur dengan Mesin Hybrid

Nissan akhirnya resmi meluncurkan Nissan Juke terbaru dengan mesin hybrid untuk pasar Eropa. Mobil ini pun diklaim lebih hemat konsumsi bensin.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2022