Survei: Mobil Rp200 Jutaan Ternyata Makin Diburu Masyarakat

Interior All New Toyota Rush.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Kebutuhan mobil di segmen medium di Indonesia ternyata tak kecil. Mengacu penjualan mobil di harga Rp200 jutaan, yang terdata di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ternyata cukup besar.

Mobil Ini yang Jadi Penopang Jualan Honda di Indonesia

Atas hal ini pula kemudian banyak sekali model-model terbaru yang digelontorkan pabrikan otomotif dengan rentang harga Rp200 jutaan.

Menurut survei yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) harga psikologis sebuah mobil di Indonesia memang sudah bergeser. Apabila dahulu harga psikologis di angka Rp150 jutaan, kini sudah menyentuh Rp200 jutaan.

Vaksin Sudah Ada di RI, Bikin Daihatsu Lebih Pede Jual Mobil Baru

"Sekarang kayaknya sudah naik, karena perekonomian Indonesia getting better, lebih bagus. Dan menariknya dalam kondisi ekonomi sekarang yang katanya daya beli turun dan sebagainya, ternyata customer itu menunggu sampai ada produk baru," kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta.

Memang bukan perkara mudah bagi pabrikan otomotif yang menghadirkan produk-produk di rentang harga demikian. Sebab banyak sekali model yang memiliki harga beririsan.

Pandemi Belum Berakhir, Orang Indonesia Tetap Beli Mobil Baru

"Segmen mobil Rp200 juta sampai Rp250 jutaan kalau kami lihat dari sisi besaran segmennya, memang banyak yang bermain di situ customer-nya. Makanya banyak pemain di industri otomotif yang produk barunya bermain di harga segitu. Bisa dikatakan segmen ini menarik, gemuk, dan gurih," kata Soerjo.

Booth Mitsubishi di GIIAS 2019.

Buka Tahun 2021, Mitsubishi Jual Lebih dari 6 Ribu Mobil di RI

Penjualan mobil Mitsubishi di Indonesia mencapai 6.669 unit di Januari 2021, didominasi oleh produk Xpander.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2021