Lima Wilayah di RI dengan Populasi Mobil Pribadi Terbanyak

Ilustrasi macet di Jakarta usai diguyur hujan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Populasi kendaraan di Indonesia tiap tahun rupanya semakin bertambah. Berdasarkan data Korlantas Mabes Polri per 2016, jumlah kendaraan di Tanah Air mencapai 128,3 juta unit. Angka itu mencakup mobil penumpang, bus, mobil barang, kendaraan khusus, dan sepeda motor.

BI Lanjutkan Aturan Keringanan Denda Kartu Kredit hingga DP Kendaraan

Tentu saja sepeda motor berkontribusi paling banyak menyumbang angka populasi. Meski demikian, populasi mobil juga tak bisa dipandang sebelah mata. Dari data itu pula disebutkan, ada lima wilayah yang paling banyak populasi mobilnya. Apa saja?

"Pertama, tentu saja kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). Di kawasan ini, pada 2016, terdapat 3,67 juta mobil penumpang alias mobil pribadi. Jumlah itu jauh lebih besar dibandingkan empat wilayah lainnya. Jumlah mobil di kawasan ini menyumbang sekitar 19 persen dari total populasi kendaraan bermotor," kata Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) seperti dikutip dari situsnya, Jumat, 8 Desember 2017.

ITW: Proses Bikin SIM Sesuai Undang-Undang

Kedua, adalah Jawa Barat, yakni dengan jumlah 1,36 juta unit. Kontribusi mobil penumpang terhadap total kendaraan bermotor di Jawa Barat, dikatakan mencapai sekira 13 persen. Sepeda motor masih dominan di kawasan ini dengan kontribusi sekitar 81 persen. "Ketiga itu Jawa Timur, sekitar 1,30 juta unit. Sumbangan mobil penumpang sekitar delapan persen."

Keempat, ada Jawa Tengah dengan angka 1,08 juta unit. Sementara kelima, yakni Sumatera Selatan dengan angka 1,03 juta unit.

Mulai 8 Februari, Kendaraan Bermotor Dilarang Melintas di Kota Tua

"Inilah provinsi di luar Pulau Jawa (Sumatera Selatan) yang memiliki jumlah mobil paling besar. Kontribusinya sekitar 12 persen terhadap jumlah kendaraan bermotor di Sumsel," kata dia. (ren)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Jawa Timur Terima Rp2,089 Triliun

Selama program diberlakukan, sebanyak 4.423 wajib pajak di Jawa Timur memanfaatkan dengan total penerimaan pajak ranmor sebesar Rp2.089 triliun.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2021