Mobil Buatan Indonesia Ini Jadi Favorit di Luar Negeri

Fortuner pelat Jakarta yang dibawa jalan-jalan hingga ke Eropa.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatat angka terbaik untuk ekspor mobil secara utuh ke negara lain. Pasalnya, sejak awal tahun sampai November 2017, target ekspornya melampaui target setahun penuh. Dan yang jadi primadonanya adalah Fortuner.

Rapor Merah Penjualan Mobil Februari 2024

Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, mengatakan, pada Januari 2017 pihaknya hanya memasang target ekspor 185 ribu unit sampai akhir tahun yang naik 10 persen dari capaiannya di 2016 lalu yang hanya 169 ribu.

“Ekspor Toyota selama Januari-November tahun ini 188 ribu unit dan sudah melampui target. Dibanding tahun lalu periode yang sama ekspornya hanya 157-158 ribu unit,” ujarnya di  Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat.

Penjualan Mobil Lexus Cetak Rekor Baru

Kata dia, yang membantu meningkatkan ekspor Toyota tahun ini adalah Fortuner yang mendapatkan respons positif dari Vietnam dan Filipina, sehingga permintaannya meledak. Untuk Fortuner sebesar 35 persen, posisi kedua terlaris ada Vios 14 persen dan Innova 5 persen.

Nah, penyumbang ekspor lainnya ada Sienta, Yaris, sampai Agya yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor untuk mobil kelas Low Cost Green Car (LCGC). Saat disinggung apakah nilai ekspor di penghujung tahun akan mencapai angka 200.000 unit, dia enggan berkomentar.

Penjualan Sepeda Motor 2023 Naik Banyak, Ini yang Paling Laris

"Karena ini ekspor, jadi (performanya) tergantung negara tujuan. Wilayah Timur Tengah salah satu tujuan ekspor utama Toyota, memang harga alami penurunan. Akan tetapi di wilayah lain khususnya ASEAN alami peningkatan. Kita juga berusaha buka negara tujuan baru," katanya. (one)

VIVA Otomotif: Honda Brio Satya di IIMS 2023

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Mobil itu mengungguli pesaing terdekatnya, Honda Brio Satya dan RS, yang terjual sebanyak 9.998 unit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024