Dasar-dasar Mengubah Mobil Jadi Bergaya Offroad

Mobil offroad.
Sumber :
  • iof.or.id

VIVA.co.id – Mengendarai mobil khususnya 4X4 atau Four Wheel Drive (FWD) di jalur tanah serta bebatuan alias offroad, tentu tak bisa dianggap remeh. Sebab, diperlukan berbagai latihan, hingga mahir dan piawai meliuk-liuk di atas medan seperti demikian.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jika Anda terbilang baru dan ingin mencoba, tentu wajib melirik sejumlah hal, di antaranya mobil yang akan digunakan.

Menurut Catur Wibowo, Trainer 4x4 and DDT di ORD Training Center, hal wajib yang diperlukan apabila ingin pertama kali menjajal offroad, selain memiliki mobil 4x4, faktor kaki-kaki kendaraan juga kudu diperhatikan, seperti penggunaan ban.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Disarankan gunakan tipe MT, jangan yang AT. Sebab jenis AT tidak bisa offroad di lumpur," kata dia saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 15 Juni 2016.

Dia menambahkan, agar tetap safety, disarankan pula memasang perangkat rollbar. “Selain itu,untuk pemula, kalau ada dana lebih jangan main suspensi dahulu. Mendingan beli alat recovery, misalnya winch atau hi liftjack,” kata pria yang akrab disapa Ninot itu.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Meski masih tergolong pemula, bisa juga melakukan ubahan final gear jika itu perlu. Terutama bagi mereka yang melakukan ubahan pada ukuran ban yang cukup siginifikan,” tutur pelatih yang bermarkas di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, itu.

Hal yang tak kalah penting, agar memastikan tidak terjadi apa-apa saat mengendarai offroad, dirinya menyarankan agar pemula tidak bermain seorang diri. Hal ini penting, agar ketika hal terburuk terjadi, ada teman yang bisa memberikan pertolongan.

“Iya karena risiko saat offroad tinggi, meski di trek buatan yang sudah jelas alurnya, usahakan selalu bersama-sama, jangan sendiri untuk antisipasi kalau terjadi masalah,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya