Keren, Suzuki Ertiga Disulap Jadi Ruang Tamu

Suzuki Ertiga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Upgrade audio memang menjadi incaran umum para pecinta car entertainment untuk mendapatkan suara berkualitas dengan segudang hiburan dalam kabin. Dengan begitu, perjalanan jarak jauh tentu tak terasa membosankan. 

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Seperti Suzuki Ertiga lansiran 2013 milik Dio Rizky Pratama ini. Mobil anak dari pemilik Car Audio Spesialis (CAS) ini terbilang sudah full audio. Tentu saja, mulai dari ruang kabin depan sampai bagasi belakang speaker dan peranti tambahan menjadi senjata ampuh untuk mengusir rasa bosan di dalam kabin.

Sebab, Dio memang mempunyai keinginan untuk memindahkan kenyamanan home theater di rumah untuk menemainya di perjalanan. “Ini mobil sering saya gunakan mudik ke Banjarnegara. Saya ingin suasana dalam rumah bisa dinikmati saat berjalan, begitupun dengan keluarga saya yang hobi mendengarkan musik dan menonton film,” ujarnya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Nah, karena sang Ayah, juragan toko audio, jadi jangan heran kalau di bodi tertulis nama tokonya ‘CAS’. Karena ayahnya yang paling jago, maka pria 25 tahun ini lebih mempercayakan ayahnya untuk menjelaskan lebih dalam soal upgrade audio yang dilakukan.  

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Yuk, kulik spesifikasi audio sistemnya. Untuk bagasi belakang yang terlihat penuh dengan subwoofer dan power, sang ayah mempunyai trik khusus nih. Menurut Rohim, kalau di Ertiga dapat menampung subwoofer 2 buah dengan ukuran 12 inci di bagasi belakang bangku baris kedua kena custom.

“Bangku baris kedua ini memang custom untuk dimajukan dari posisi awal 5 cm agar kubikasi dapat lebih baik dan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Tapi tetap mobil ini dapat menampung 5 orang penumpang,” kata pria asal Banjarnegara ini.

Bukan hanya itu, melihat bangku baris kedua yang sudah terasa duduk di dalam ruang tamu. “Meja itu cukup kokoh, karena kita menggunakan bahan kaso yang dibaut pada kedudukan kursi. Sehingga tidak mungkin goyang,” jelasnya.

Untuk mengakalinya, agar meja yang menjadi tempat Televisi LCD 22 inci ini tetap kokoh. Rohim mensiasatinya dengan melapiskan triplek dan dilapis HPL serat motif marmer agar permukaan pelat body rata. Jadi kaki-kaki meja yang sudah dibaut ini tetap berdiri kuat di atas permukaan rata,” pungkasnya.

Sementara dengan kondisi upgrade audio yang sudah terbilang ekstrem ini, apakah sistem kelistrikan diubah? “Aki masih menggunakan standar sudah dua tahun setengah masih aman. Kalau kelistrikannya baik pasti tidak masalah. Kecuali buat kompetesi yang kerap digeber,” jelasnya.

Data modifikasi

Head unit : Pioneer Alpine IVA W 520e
Prosesor : Alpine Pxah 800
Power : Mono Harmonic  drive 300.1D
Power : 2 pisc Harmonic RX 4100
Subwoofer :Aalpoine SWR 12 inci
Speaker : 3-way Cubig RS
Speaker belakang : HDT 2-way
Speaker tengah : Domination
Televisi : Lcd  22 inci Sharp
Peredam Genetic
Velg : R18 OZ

Infenter : 1.000 watt

Hardisk : 2 tera

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya