Bikin Kece Mobil Murah Calya

Modifikasi Toyota Calya.
Sumber :
  • Dok: Ade Habibie

VIVA.co.id – Berstatus mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC), Toyota Calya dan Daihatsu Sigra langsung menjadi buruan konsumen.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Memiliki kapasitas yang sama dengan Avanza, namun harganya lebih murah, menjadi  alasan konsumen membeli mobil tersebut. Karena termasuk mobil yang terjangkau, otomatis fitur yang ditawarkan juga tidak selengkap mobil-mobil Rp150 juta ke atas.

Namun, bagi yang ingin Calya, atau Sigra miliknya tampil lebih kece, ada baiknya mengikuti cara penggagas komunitas Calya Sigra Community (Calsic), Ade Habibie ini.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Habibie memang menjadi salah satu orang yang berkesempatan mendapatkan Toyota Calya di tahap distribusi paling awal. Namun, karena merasa tidak puas dengan tampilan standar, dia mendandani mobil barunya itu.

Lantas, apa saja yang dirombak?

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Ubahan awal dilakukan pada bagian kaki-kaki, yakni mengganti pelek 14 inci bawaan pabrik dengan ukuran 16 inci. Hal ini dilakukan, agar penampilan roda serasi dengan bodi mobil. Karena pelek ganti, otomatis ia juga harus membeli ban dengan ukuran yang sama.

“Lalu, bagian interior ganti head unit, ditambah kamera mundur, pasang subwoofer dan speaker split depan dan speaker tengah,” kata Habibie, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 29 Agustus 2016.

Agar memberikan kesan mewah, Haibie memasang lampu pada kabin dekat kaki. Ini dilakukan, agar kabin terlihat terang jika membuka pintu saat malam hari.

“Ubahan ini saya lakukan hanya untuk keperluan harian. Rencana nanti mau tambah bodykit, ganti full system exhaust serta pasang jok kulit,” jelasnya.

Berikut daftar harga yang ubahan Toyota Calya yang dilakukan Habibie;

Pelek bekas Honda Jazz RS = Rp3 juta

Ban baru = Rp2,3juta

Head unit + kamera mundur = Rp2,2 juta

Speaker split, speaker tengah, subwoofer, power 4 channel, boks, instalasi = Rp3juta

GPS Tracker = Rp1,9 jutaan

Lampu LED kolong = Rp300 ribu

Total = Rp12,7 juta

Modifikasi Toyota Calya.

Modifikasi Toyota Calya (Foto: Dok Ade Habibie)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya