Bikin Suzuki Katana Tangguh di Medan Off-road

Suzuki Jimny Katana.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Suzuki pertama kali melahirkan Jimny untuk pasar global pada 1970. Generasi kedua mobil yang masuk dalam kategori jip itu dipasarkan di Indonesia dengan nama Jimny Katana.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Berbeda dengan versi Jimny Sierra yang dipasarkan di luar negeri, Katana masih menggunakan penggerak dua roda. Hal ini dilakukan karena tidak banyak pemilik mobil di Indonesia yang berminat dengan mobil berpenggerak empat roda.

Namun seiring waktu, banyak pemilik Katana yang ingin mengubah tampilan mobil tiga pintu itu menjadi lebih gahar. Bahkan, penggerak mobil diganti menjadi empat roda, agar sewaktu-waktu bisa dipakai menembus jalur lumpur dan medan berat lainnya.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Pemilik bengkel Ari Motor di BSD Autoparts, Ari mengatakan, modifikasi Katana menjadi penggerak empat roda tidak sulit untuk dilakukan.

"Biaya tergantung gardan dan rasionya. Kalau yang rasio 41:8 (rasio akhir 5,1) itu sekitar Rp12-13 juta, kalau rasio 37:9 (rasio akhir 4,11) harganya Rp11 jutaan," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Jika ingin memakai rasio akhir berbeda dengan bawaan mobil, maka otomatis gardan dan transfer case ganti. Sementara untuk mengubah menjadi penggerak empat roda, butuh pemasangan gardan depan.

Jika semua sudah terpasang, maka kemudian mekanik akan memasang tuas transmisi tambahan di kabin. Tuas ini berfungsi untuk mengubah sistem penggerak, dari dua roda menjadi empat roda.

Pada mobil jip modern, fungsi tuas sudah digantikan dengan tombol. Bahkan, ada beberapa mobil yang bisa menyesuaikan sendiri penggeraknya, tergantung kebutuhan dan kondisi jalan. Sistem yang seperti itu biasa disebut all-wheel drive.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya