Biaya Bikin Jok Captain Seat pada Mobil

Jok model captain seat.
Sumber :
  • Motortrend

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia secara resmi telah meluncurkan mobil Multi Purpose Vehicle andalannya, Innova Venturer pada 16 Januari 2017 lalu.

Innova Venturer Bekas Masih Jadi Favorit, Ini 5 Alasannya

Kehadiran mobil pesaing dari Mazda Biante ini cukup mendapat beberapa ubahan yang menambah penampilannya kian sporty. Tak hanya bagian eksterior saja, bagian interior pun ikut diubah. Salah satunya penyematan jok captain seat.

Nah, jika pemilik mobil Innova lama ingin mengaplikasikan jok 'terbelah' itu, tak usah khawatir. Sebab, saat ini banyak bengkel spesialis yang menyediakan paket kostum untuk bisa memodifikasi jok jadi captain seat.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

"Bisa kok, kami menyediakan jasa untuk mengubah jok jadi captain seat ataupun jok elektrik," kata Wisnu, pemilik dari Invention Jok Mobil, MGK Kemayoran, Jakarta Pusat kepada VIVA.co.id.

Kendati demikian, Wisnu menuturkan, mengganti jok mobil Innova dengan model captain seat rakitan gerai biasanya tidak sesempurna buatan pabrik.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

"Kalau risikonya karena ini seluruhnya buatan tangan, kalau bentuk pasti mirip-mirip. Tapi, ya pasti kurang sempurna lah karena tangan kan bukan mesin seperti pabrik," ujarnya.

Menyoal harga, Wisnu menjelaskan sangat bervariasi, tergantung kesulitan dan pembuatannya. "Tergantung ya, kalau Innova biasanya itu kustom jok captain seat Rp2 jutaan," tuturnya.

Untuk prosesnya, sambung Wisnu, cukup lama. Sebab, harus dikerjakan dengan ekstra hati-hati. Sehingga, pemilik mobil harus meninggalkan kursi baris kedua yang hendak dimodifikasi.

"Tapi saya jamin, jok akan mirip dengan standar pabrikan, hanya saja dari kekuatan dan detail pengerjaan akan berbeda dari buatan produsen kendaraan atau produk aftermarket," katanya.

"Kekuatan arm rest juga beda, kalau buatan pabrik buat diduduki masih kuat, tapi buatan kustom enggak begitu kuat. Terus kalau kustom enggak ada mejanya. Soal bisa dilipat atau dilapis bahan kulit lagi, yang jelas bisa kayak jok standarnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya