Motor Seram Asal Indonesia Bakal Bikin Geger Jepang

The Stone, Motor karya builder Andhika Pratama
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Motor racikan Andhika Pratama dari Krom Works ini bikin geleng-geleng. Bagaimana tidak, motor dengan mesin Softail Evolution 1.800cc ini punya tampilan yang ekstrem. Saking ekstremnya, motor ini telah didaulat sebagai jawara baru pada ajang Kustomfest 2017 beberapa waktu lalu.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Mengusung gaya bobber tracker, motor yang dijuluki The Stone ini menggunakan hampir 98 persen bahan dasar stainless steel. Sebagai best of the best di Kustomfest itu, motor ini bakal unjuk gigi di Yokohama Hot Road Custom Show, Jepang, pada Desember 2017.

Kata Andhika sebagai builder, konsep motor ini mengombinasikan gaya modern dengan menggunakan bahan dasar stainless steel mulai dari arm, sasis, gider depan, handle bar, seather, engine mounting, knalpot, fairing depan, sampai bodi part sehingga untuk proses pengerjaannya memakan waktu kurang lebih delapan bulan.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

“Kenapa saya pilih stainless steel tipe 316 karena ingin buat inovasi. Sebab, kalau full custom biasanya orang buat dengan bahan besi biasa dan saya juga ingin buat satu pembaharuan bahwa motor custom itu bisa lifetime dan itu kita tonjolkan di sini, jadi fungsinya tetap ada,”  katanya.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Lanjut dia, kekuatan bahan stainless steel juga lebih unggul ketimbang besi dan tidak dibuat seakan-akan setiap lekukan pada frame tidak ada sambungan. “Bagian sasis belakang dari stainless steel plat dengan ketebalan 2,5 cm, awalnya berbentuk blok dan kita desain satu per-satu dengan aksen bolong-bolong seperti tiga dimensi,” katanya.

Sementara, pada sistem penggerak roda agar unsur klasiknya tidak hilang pria yang gemar mengenakan celana pendek ini enggan menyematkan venbelt untuk pengerak roda belakang. “Kita pakai rantai dan gear dari besi dan alumunium karena bahan stainless steel belum ada,” katanya.

Data modifikasi

Engine: Softail Evolution/Delkron 1996

Gear box: 5-speed

Open belt: BDL

Frame Rigid: Handcrafted - Stainless steel

Fuel tank: Handcrafted - Stainless steel

Front suspension: Girder Handcrafted - Stainless steel

Seater: Handcrafted - Stainless steel

Oil tank: Handcrafted - Stainless steel

Gas Cup: Handcrafted Brass and Stainless steel

Head Lamp: Led

Firing: Handcrafted - Stainless steel

Exhaust: Handcrafted - Stainless steel

Foot control: Performance machine

Brake: Performance machine

Ban depan/belakang: Shinko 130 / 60 – 23
Velg : DNA 3.5 – 23 Inch
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya