Modifikasi Suzuki Satria 120R, Kerempeng tapi Buas

Suzuki Satria 120R
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA – Bagi Angga Saputra, mengoprek motor kesayangannya menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Tak heran tiga motornya Yamaha RX-King, Kawasaki Ninja 150R dan Suzuki Satria 120R punya tampilan yang berbeda dari yang lainnya.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Hobinya mengoprek sepeda motor ini telah muncul sejak ia duduk di bangku SMU. Terlebih, Angga memang sangat doyan dengan balapan liar meski tak terjun langsung. Pria kelahiran Yogyakarta ini punya joki andalan untuk menguji kemampuan motor-motornya.

Dari ketiga motor miliknya itu, rombakan Satria 120R lansiran 2003 terbilang paling menonjol. Ia mempercayakan bengkel Swet Martabak Racing (SMR) untuk mengubah dapur pacu motor kesayangannya itu.

Dewa 19 Sampai Iwa K Siap Gebrak Festival Musik Sound of Unity

“Ubahan mesin enggak terlalu ekstrem. Soalnya memang untuk kelas 130cc non built up bukan kelas FFA (bebasan). Ini juga baru dua kali mengikuti drag resmi dengan jarak 201 meter dan saya juga belum puas dengan hasil akhirnya,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Angga merasa baru akan puas jika motor Satria miliknya itu mampu menembus waktu 5 detik dalam jarak 201 meter. “Iya sekarang catatan waktunya masih 6,8 detik saya rasa kurang cepat, untuk menjadi juara di berbagai ajang drag race kelas 130cc. Makanya pengapian saya ubah sekarang,” katanya.

Jajal Drag Race Cars, Bobby Nasution Catatkan Waktu Tercepat 

Oleh sebab itu, mulai dari CDI, koil dan magnet menggunakan Suzuki RM 125 dengan ubahan diameter piston dari oversize 150 jadi 200. Menurutnya, ubahan tersebut dilakukan, agar pembakaran pada ruang mesin lebih sempurna, sebab karburator cukup besar dengan Keihin Sudco Pj 32 dan membran V-Force milik RX-King.

“Makanya papasan head dibuat lebih tipis lagi (menghasilkan kompresi lebih tinggi), serta setingan pilot jet dan spuyer lebih kecil dari ukuran standarnya Keihin agar lebih kering. Final gear saya buat 13/41. Agar awalan lebih melejit rasio gigi 2,3,4 saya ganti. Kurang lebihnya gitu,” katanya.

Data modifikasi

Piston : Original Satria oversize 200

Karburator : Keihin Sudko PJ 32

Membran : V-Force 3 Yamaha Rx-King

Pengapian : Full Suzuki RM 125

Final gear : 13/41

Rasio : Custom 3,4,5,6

Ban depan : FDR Drax Slick 60/100

Ban belakang : IRC Speed King 60/80

Pelek depan : Takasago 17/140

Pelek belakang : Takasago 17/160

Stabilizer : Kitaco

Setang : RC3

Bengkel : SMR

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya