Sebenarnya Bolehkah Bagian Dalam Helm Dicuci?

Helm motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Salah satu cara menjaga kebersihan helm adalah dengan mencucinya. Meski demikian, masih banyak biker yang menyimpan pertanyaan, amankah helm dicuci, termasuk bagian dalamnya?

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Brand Ambassador Cargloss Group, Erick Saputra mengatakan, semua tentu aman dan justru lebih baik. Namun saat hendak mencuci helm sebaiknya perhatikan bagian dalam helm.

"Jadi ada helm yang inner atau busa-busa di dalamnya bisa dibuka ada yang paten. Sebenarnya selama mencuci hanya dilakukan pada bagian busa dan kain-kainnya enggak masalah," kata Erick di Jakarta.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Saat ini, kata dia, mencuci helm bisa dilakukan sendiri maupun di toko atau outlet pencucian khusus helm. Cara mencuci pun semakin beragam, ada yang menganut sistem wet cleaning ada pula yang dry cleaning.

"Sebenanya baik wet cleaning, cuma kan biasanya waktunya lebih lama. Makanya bisa tinggal jalan-jalan dulu. Kalau dry cleaning itu biasanya yang bisa tunggu," kata dia.

Helm Jadul Bawaan Diler Dijual Jutaan Rupiah

Mencuci helm dengan cara wet cleaning, kata dia, membuat semua bagian dalam helm lebih bersih. Namun, pastikan setelah dicuci bersih, busa dan kainnya harus dikeringkan dengan benar, agar tidak lembab dan bau.

"Catatan saya, pilih tempat cuci helm yang memang professional, artinya bukan cuma bisa buka bagian dalamnya, pasangnya lagi juga harus rapi. Kami sering di sini terima dari konsumen, mereka cuci helm, pas sudah selesai rasanya jadi beda, kayak enggak pas. Akhirnya kami rapikan lagi," ujar dia.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022