Bahaya! Kendarai Motor Pakai Eerphone

Keramaian Sepeda Motor
Sumber :

VIVAnews - Mendengarkan musik lewat earphone sepertinya tengah menjadi tren bagi para pengendara sepeda motor. Alasannya mudah, mengusik kepenatan di tengah kemacetan.

Namun, bahayakah perilaku riders ini?

Yamaha bekerjasama dengan Forum Wartawan Otomotif dalam Forwot Safety Riding Road Show 2012 di Bandung beberapa waktu lalu, mengingatkan bahayanya pengguna sepeda motor menggunakan earphone.

Dalam pelatihan itu, terungkap bahwa penggunaan earphone membuat aktivitas di sekitar jalan tak terdengar, tentu saja ini sangat membahayakan karena bisa saja peringatan dari pengendara sebelah tak terdengar. Selain itu balance rider sendiri bisa terganggu dan merusak konsentrasi berkendara.

Safety riding sesuai standar Yamaha mempresentasikan tentang bagaimana mengurangi resiko kecelakaan dengan training pengetahuan safety riding, training meningkatkan teknik berkendara dan memakai pelindung diri. Juga lima poin penting buat pengendara motor tentang perkiraan bahaya, area terlihat dan tidak terlihat, kekuatan tabrakan, riding position, serta pengecekan kendaraan.

Training pengetahuan safety riding menjelaskan mengenai strategi berkendara dengan memprediksi bahaya. Pengetahuan yang kurang, kesalahan prediksi, dan kesalahan perawatan menjadi bahan ulasan dalam training pengetahuan safety riding tersebut.

Dalam training meningkatkan teknik berkendara juga dibahas cara mengurangi bahaya dengan teknik yang benar. Tidak hati-hati, kurangnya teknik berkendara, terlambat sehingga terburu-buru dan naik motor dianggap seperti balapan, adalah kesalahan pengendara yang harus diperbaiki, dan paling penting juga memakai pelindung diri.
Jenis risiko yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah dari prakiraan, seperti sudut tikungan, menyalip, persimpangan, anak-anak, rintangan, dan kondisi lalu lintas.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024