Adu Irit, Vario 125 Teranyar Tembus 76,09 KM/Liter

Peluncuran Honda Vario 125 CBS Idling Stop
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - PT Astra Honda Motor (AHM) pada Maret 2013 lalu meluncurkan Vario 125 CBS dengan fitur Idling Stop System (ISS) yang biasa disematkan pada motor matik premium. 

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Dengan menggunakan ISS, AHM mengklaim seri Vario terbaru ini akan lebih hemat bahan bakar hingga 37 persen dibandingan Vario karburator.

President Director AHM, Yusuke Hori, mengatakan Vario 125 CBS ISS juga lebih irit tujuh persen dibandingkan Vario tipe injeksi. Ia mengklaim, konsumsi bahan bakar Vario terbaru dapat mencapai 55,8 kilometer/liter.

Dengan mengusung tema Fun Riding, AHM mengajak 18 awak media untuk melakukan pengetesan menggunakan Honda Vario 125 CBS ISS, di sekitar Bumi Serpong Damai, Tangerang, Rabu 10 April 2013.

Hasilnya, dengan jarak yang ditempuh sejauh 15,5 km ditambah jalur yang tidak begitu padat serta melewati 11 lampu lalu lintas atau lampu merah, konsumsi bahan dari para peserta rata-rata sebanyak 62,3 liter per kilometer.

"Hasil dari acara ini diperoleh juara pertama di angka 76,09 liter per kilometer, ini membuktikan memang sistem ini bisa lebih irit," kata Kristanto, Head of Coorporate Comunication AHM, usai acara Fun Riding.

Untuk posisi kedua Vario 125 CBS mampu mengkonsumsi bahan bakar hingga 67,66 kilometer per liter, dan ketiga 67,66 kilometer per liter. "Kita tidak ingin hanya menjadi slogan saja,tapi juga acara ini membuktikan seberapa irit Vario 125 CbS ISS," tutur Kristanto.

Untuk mengukur acara ini, AHM menggunakan metode full to full, di  mana para peserta sebelum melakukan Fun Riding memastikan bensin yang terdapat pada masing-masing motor telah sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.

"Agar bisa irit, jangan terlalu main gas dan rem, rata-rata 40-50 km/jam saja. Kalo berhenti di lampu merah, tarik gas perlahan, jangan sekaligus," ucap Sarwono Edhi, Manager Technical Trainning Departement AHM. (asp)

Drama Wonderful World

10 Drama Korea Baru di Tahun 2024 yang Bisa Ditonton saat Libur Lebaran

Tahun 2024 dihiasi dengan berbagai genre drama Korea yang menghibur penonton. Industri drama Korea sendiri berkembang pesat tanpa tanda-tanda melambat.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024