Ribetnya Mengendarai Motor di Australia

Polisi bermotor Negara Bagian Victoria, Australia.
Sumber :
  • Therideadvice

VIVA.co.id - Masyarakat yang tinggal di Australia, khususnya mereka yang gemar mengendarai sepeda motor, mengeluhkan hal yang sama, yakni belum seragamnya aturan mengenai helm.

Helm Pembalap MotoGP Jadi Buruan di IIMS

Dilansir dari Therideadvice, Kamis 3 Desember 2015, beberapa negara bagian yang ada di Australia memiliki regulasi yang berbeda-beda mengenai helm. Contohnya, di Queensland dan Victoria, setiap pengendara motor harus mengenakan helm berstandar ECE.

ECE adalah standar helm yang saat ini paling banyak digunakan oleh departemen transportasi di 50 negara. Secara umum, standar ECE adalah gabungan dari standar DOT dan SNELL.

Helm Antibau Khusus Wanita, Harganya Rp3 Juta

Namun, pengendara motor yang hendak bepergian dari Queensland ke Victoria harus melewati New South Wales, dan di negara bagian ini, standar helm yang digunakan adalah AE.

Jika pengendara tetap mengenakan helm berstandar ECE dan kepergok polisi lalu lintas, siap-siap menerima denda yang besarnya sekitar AU$300, atau setara dengan Rp3 juta.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Selain itu, pengendara yang memasang aksesori pada helm mereka, seperti kamera aksi atau alat komunikasi, juga bisa ditilang. Karena, helm dianggap sudah tidak sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan sebelumnya. (art)

Ilustrasi helm

Saat Sang Gadis Bertanya Soal Kedaluwarsa Helm

Helm standar dengan kualitas baik bisa mengurangi risiko kematian.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2016