Duel Sengit Sonic vs Satria FU di Indonesia, Siapa Keok?

Motor ayam jago
Sumber :
  • welovehonda

VIVA.co.id - Produk 'ayam jago' Honda, Sonic 150R kian melenggang meninggalkan penjualan kompetitornya Suzuki Satria FU 150. Dari data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Desember 2015, keduanya terpaut sekira 2.107 unit. Sonic terjual 6.724 unit, sementara Satria FU 4.617 unit.

Jika melihat trek penjualan, pertarungan sengit terjadi pada awal-awal peluncuran Sonic 150R, tepatnya pada Agustus dan September. Pada Agustus, Sonic terjual 8.413 unit, sementara Satria FU 8.692 unit. Di september, Sonic terjual 7.136 unit, sedangkan Satria FU 7.588 unit.

Keadaan berubah pada Oktober, Sonic nampak menggebuk keras Satria FU. Saat itu, ayam jago Honda terjual 9.411 unit, sedangkan Satria FU terpuruk menjadi 5.744 unit.

Praktis, kini Sonic kian melenggang meninggalkan Satria FU. Namun demikian, angka penjualan Satria FU sepanjang 2015 masih lebih besar, yakni 83.882 unit. Sementara Sonic, 41.021 unit. Hal itu tak lain karena Sonic yang baru meluncur di Tanah Air pada Agustus 2015.

Tiga Motor Terlaris Yamaha di Indonesia Timur

Beberapa waktu lalu, Honda kepada VIVA.co.id sempat menyatakan rasa semringahnya terkait angka-angka penjualan Sonic yang terbilang menggembirakan. Honda menyatakan jika motor tersebut merupakan 'kuda besi' yang memang sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat, utamanya kalangan remaja.

Kendati demikian, Suzuki belum pasrah untuk mengalah. Saat ini pabrikan asal Jepang itu diketahui tengah bersiap meluncurkan Satria FU terbaru dengan pangadopsian injeksi. Tenaga motor tersebut juga dikatakan bakal lebih bengis dari edisi yang ada saat ini.

Dari sejumlah sumber yang diperoleh, Suzuki akan membanderol Satria FU injeksi dengan harga Rp23 jutaan. Dari laporan yang didapat, hingga kini PT SIS masih menunggu angka Biaya Balik Nama (BBN). Sementara harga Satria FU terbaru yang kini melejit dapat dinilai wajar, mengingat sejumlah fitur terbaru yang terjejal dan tenaga yang dijanjikannya.

Harga Rp23 jutaan merupakan banderol untuk wilayah Cirebon. Jika mengacu pada harga tersebut, tentu harga Satria FU injeksi di Jakarta tak jauh berbeda.

Lantas, siapa yang keok? Kita tunggu riwayat pertarungan dua motor 'ayam jago' ini ke depan.

Berikut 10 Motor Paling Populer di Indonesia
Seorang model di depan moge terbaru Honda.

Peringkat Motor Terlaris di Indonesia, Suzuki Ketiga

Penjualan sepeda motor pada Februari 2016 mengalami peningkatan.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016