Akankah Yamaha Xabre 'Mangsa' Pasar Byson dan V-Ixion?

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwan Ruriansyah

VIVA.co.id – Yamaha Xabre resmi meluncur di Indonesia. Peluncuran dilakukan di Bali, melibatkan pembalap andalan MotoGP Yamaha, Valentino Rossi. Motor sport tersebut diketahui hadir dengan kapasitas mesin 150cc dan dijual dengan banderol Rp29,8 juta on the road Jakarta.

Besok, Yamaha Gelar Promo Spesial

Kehadiran Xabre, tentu membuat publik bertanya-tanya seputar sesaknya pilihan motor sport yang ditawarkan Yamaha di Indonesia, khususnya 150cc. Ya, di segmen sport, diketahui ada sejumlah pilihan, seperti; R15, V-Ixion, Byson, dan kini Xabre. Lantas akankah Xabre mengganggu pasar motor sport Yamaha lainnya di kelas 150cc?

"Tidak akan ganggu. Segmentasinya berbeda-beda. Kalau Byson itu untuk yang ingin gagah (konsumen), namun budget terbatas. Lalu, V-Ixion yang model umum dengan anggaran lebih, R15 juga. Sementara, Xabre kategori baru," kata Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, di Nusa Dua, Bali, Selasa 26 Januari 2016.

Ini Kenapa Harga Motor Bekas Yamaha RX-King Masih Tinggi

Masykur menjelaskan, Xabre sengaja dihadirkan untuk mengisi pasar yang jauh dari sisi harga antara MT-25 dengan motor sport 150cc. Dengan demikian,  Xabre, kata dia, tentunya akan membuat pasar baru di bursa roda dua si Tanah Air.

Xabre juga dikatakan Masykur, merupakan produk anyar Yamaha yang benar-benar baru, dan diproduksi di pabriknya, di Pulogadung, Jakarta. Ia, bahkan sesumbar jika Xabre berbeda dengan motor-motor buatan kompetitor.

Belajar Ngebut Pakai Motor Racing, Ikut Yamaha Sunday Race

"Ini betul-betul konsep terbaru, beda dengan kompetitor. Motor ini diproduksi di Indonesia dan 80 persennya komponen lokal," kata dia.

Sejauh ini, Yamaha masih mempersiapkan diri untuk mengirim dan menjual Xabre ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Kendati demikian, produksi sendiri saat ini masih difokuskan untuk pasar dalam negeri. (asp)

Valentino Rossi bersama tim Yamaha Movistar

Dua Pembalap Muda Indonesia Ikuti Valentino Rossi Academy

Ada lima pembalap yang terpilih untuk mengikuti pelatihan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016