Test Drive All New Toyota Fortuner: Si Garang yang Baik Hati

Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - Meluncurnya All New Toyota Fortuner awal tahun ini membuat persaingan di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) semakin menarik. Apalagi kesan mewah yang disajikan juga diikuti dengan performa mesin yang menjanjikan.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016
VIVA.co.id berkesempatan menjajal Fortuner edisi paling gres dari Semarang dengan finis lereng Gunung Merapi di Yogyakarta sepanjang akhir pekan lalu, 28-30 Januari 2016. Kesan yang didapat sangat positif.
 
Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016
Ada dua kesan yang tertinggal usai mencoba Fortuner generasi terbaru tersebut, yaitu sangar tetapi juga lembut. Segi sangar dari performa dan mesin, sedangkan kelembutan terasa di dalam kabin dan berbagai interiornya.
 
Isuzu Akan Pertahankan Desain Kotak
Mulai dari performa mobil bertipe 4X2 VRZ A/T, yang menggendong mesin diesel generasi terbaru, 2.4 L 2GD-FTV dengan kekuatan 2.393cc. Semuanya cukup memuaskan untuk jenis SUV dengan bodi mobil sebesar ini.
 
Pertama kali menjajal performa mobil ini dalam perjalanan lewati jalan tol Bawen-Ungaran yang masih mulus kondisi aspalnya. Kecepatan mesin enam percepatan ini 0-100 km/jam butuh waktu 8 detik saja.
 
Toyota All New Fortuner
 
Ada cerita unik soal kecepatan Fortuner ini. Saking asyiknya menjejak pedal gas, lima mobil peserta sampai-sampai nyasar mengambil jalan memutar dalam perjalanan menuju Ketep Pass di Magelang, Jawa Tengah.
 
Tapi, perjalanan memutar itu malah berikan trek idaman untuk mencoba kekuatan Fortuner anyar ini di dataran yang lebih berat, yaitu perbukitan dengan tikungan-tikungan tajam.
 
Di bawah hujan deras, lima Fortuner tanpa masalah menanjak berkat akselerasi yang responsif sejak pertama kali menginjak gas. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih sedikit "ngeden".
 
Toyota All New Fortuner
 
Soal handling mobil juga cukup memuaskan. Meski badannya besar, masih mampu melakukan tekukan-tekukan cukup tajam. Secara keseluruhan tak ada masalah dari segi performa dan handling.
 
Fitur Power Mode dan Eco Mode pun cukup berguna dalam ujian kedua test-drive Fortuner kemarin di lereng Gunung Merapi. Kondisi jalan yang ekstrem atau genangan air nyaris satu meter mampu dilewati tanpa masalah berarti.
 
 
Sangar Tapi Lembut Dalamnya
Beralih ke segi interior, panel mewah terlihat dengan tambahan padding kulit pada bagian samping. Fitur ini cukup membantu dalam keadaan perjalanan jauh karena kaki jadi lebih santai saat bersandar ke dashboard.
 
Bentuk jok mobil yang seperti "memeluk" juga membuat badan tidak terlalu pegal setelah beberapa jam perjalanan. Bagi driver, sudah cukup nyaman untuk berkendara.
 
Tetapi, ada salah satu bagian yang hilang dari generasi sebelumnya yaitu hand rest (atau tempat untuk menyimpan CD/kaset) besar. Di Fortuner terbaru bentuknya jauh lebih kecil.
 
Meski tidak terlalu signifikan, pengemudi jadi tidak bisa mengistirahatkan tangan kirinya (yang tak banyak pekerjaan di mobil bertransmisi otomatis) saat keadaan macet atau lelah karena perjalanan jauh.
 

Dari segi penumpang, Fortuner juga memberikan kenyamanan lebih dari generasi sebelumnya. Guncangan dan kesenyapan dalam kabin cukup baik, suara mesin diesel juga tidak sampai bocor ke dalam mobil.

Jok pada bangku tengah dan belakang bisa diatur sesuai kebutuhan. Menariknya bisa diatur sampai posisi rebahan, membuat beberapa test driver tertidur meski kondisi mobil bergoyang-goyang.
 
Teknologi power back door pun lebih memudahkan saat ingin buka-tutup pintu belakang mobil, tinggal pencet akan terbuka dan tertutup secara otomatis. Tapi sayang, kapasitas bagasinya sangat kecil kalau diisi penuh 7 penumpang.
 
Dari segi multimedia, Fortuner terbaru ini tentu memberikan sound system standar yang cukup memuaskan. VIVA.co.id sempat menguji speaker mobil dengan lagu disco 90-an yang disediakan panitia dan cukup menghentak. Cocok bagi peminat mobil SUV tapi tetap suka berpesta.

Toyota All New Fortuner
 
Pengoperasian konsol multimedia pun cukup mudah. Sistem touch screen dengan ikon besar membuat pengemudi atau penumpang bisa dengan mudah mengontrol audio dan video di dalam mobil.
 
Namun, satu kekurangan dari sistem multimedia Fortuner terbaru ini adalah sistem navigasi terbarunya yang agak sulit untuk dioperasikan. Beberapa test driver sempat nyasar di dalam kota karena GPS yang kurang akurat, sampai akhirnya memutuskan untuk tak menggunakannya lagi.
 
Yang menarik dari Fortuner terbaru ini adalah disediakannya banyak bottle holder mulai dari dua di blower AC bagian dengan, dekat radio, sampai di hand rest bagian jok tengah.
 
Usaha Toyota untuk membuat minuman lebih dingin dengan meletakkannya di depan AC cukup berhasil. Salah satu botol tampak benar-benar seperti baru keluar dari kulkas sampai berembun.
 
Secara keseluruhan pengalaman menggunakan All New Toyota Fortuner melintasi Semarang sampai Yogya sangat memuaskan. Performa dan kenyamanan mobil patut diacungi jempol. Tidak akan mengecewakan untuk SUV yang dipatok setengah miliar rupiah lebih ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya