Hayabusa Rakitan India Lebih Murah Rp40 Juta

Suzuki Hayabusa 2015.
Sumber :
  • www.responsejp.com

VIVA.co.id – Bila berbicara mengenai motor sport berperforma tinggi, maka satu model yang masih menjadi perbincangan para pecinta motor adalah Suzuki Hayabusa.

Motor Baru Ini Ludes Terjual dalam Waktu 1 Jam

Dikenal karena memiliki mengusung mesin bertenaga 200 daya kuda, motor ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin coba memecahkan rekor. Tak heran, meski bukan tergolong motor baru, masih saja ada yang membelinya.

Bahkan kini, seperti dilansir dari Rushlane, Kamis 31 Maret 2016, demi memenuhi permintaan di India, Suzuki memutuskan untuk merakit Hayabusa di negara tersebut.

Tetangga Indonesia Kedatangan Motor Legendaris

Dengan biaya produksi yang lebih rendah, otomatis harga motor tersebut menjadi lebih murah. Hayabusa rakitan India dijual dengan harga 1,35 ribu rupee, atau setara dengan Rp270 juta.

Harga ini lebih murah 500 ribu rupee (sekitar Rp100 juta) dibandingkan dengan motor gede (moge) andalan Kawasaki, Ninja ZX-14R. Bahkan, jika dibandingkan dengan Hayabusa impor, harga rakitan lokal lebih murah 200 ribu Rupee, atau sekitar Rp40 juta.

Resmi Meluncur, Fitur Suzuki Hayabusa 2021 Banyak Banget

Hal ini tentu saja bisa membuat peminat moge beralih dari Kawasaki ke Suzuki. Meski kapasitas mesin Hayabusa hanya 1.340cc (kapasitas mesin ZX-14R 1.441cc), namun tenaga yang dihasilkan tidak jauh berbeda.

Apalagi, kapasitas mesin lebih kecil membuat konsumsi bahan bakar menjadi sedikit lebih irit, tanpa harus kehilangan performanya.

Namun, agar Hayabusa rakitan lokal dapat melintas di jalan raya India, Suzuki perlu menambahkan dua komponen. Yang pertama adalah pelindung kaki penumpang, yang terbuat dari besi dan diletakkan di dekat roda belakang.

Komponen kedua adalah dudukan plat nomor motor di bagian depan. Berbeda dengan dudukan moge pada umumnya, Hayabusa buatan India dibekali dengan dudukan plat yang dipasang pada roda depan, tepatnya di atas roda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya