Kenapa Motor yang Dipaketkan Harus Dikuras Bensinnya?

Jasa Pengiriman Motor Menjelang Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Jasa ekspedisi pengiriman sepeda motor ikut ramai seiring dengan datangnya musim mudik lebaran. Namun yang aneh, saat melakukan pengiriman, tanki bensin di dalam motor harus dalam keadaan kosong.

Kirim Motor ke Kampung, Begini Caranya

Yono, salah satu pegawai jasa pelayanan ekspedisi PT Karya Indah Buana menjelaskan bahwa mengosongkan tangki motor dari bensin tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya percikan api yang berasal dari bensin yang ada di sepeda motor.

"Kenapa dikosongkan? Karena takut terjadi kebakaran. Di kereta kan sangat rentan, hawanya juga panas," kata Yono di Senen, Rabu 29 Juni 2016.

Kirim Motor ke Kampung, Jangan Lupakan Hal Ini

Kondisi dalam ruang kargo yang panas dan bergoyang membuat kemungkinan bahan bakar menguap dan menimbulkan percikan bensin. Ini akan membuat motor kebakaran sehingga tidak lagi aman.

Sementara itu, Menurut Husairi, salah satu pegawai layanan ekspedisi PT Index Transportama, mengatakan hal itu juga terkait dengan kebijakan pihak perkeretaapian yang mewajibkan motor harus kosong dari bahan bakar atau minimal diisi sedikit sesuai standar.

Motor Lecet Saat Dikirim ke Kampung, Enggak Usah Cemas

"Karena kan memang peraturan dari kereta api. Sebaiknya, motor sebelum datang ke tempat layanan jasa pengiriman, tidak diisi dulu, minimal sampai ke pom terdekat saja," kata Husairi.

Volume Pengiriman Paket Motor Meningkat Jelang Idul Fitri

Mau Kirim Motor ke Kampung, Segini Kisaran Biayanya

Berbeda-beda, sesuai jarak dan kota tujuan.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2019