Cara Mudah Jaga Aki Tahan Lama

Aki basah dan aki kering kendaraan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • www.icrixs.com

VIVA.co.id – Aki kering atau MF Battery/Maintenance Free Battery dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA), saat ini banyak dipilih oleh beberapa pabrikan otomotif. Selain lebih praktis, aki kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan aki basah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun rupanya, aki kering juga membutuhkan perawatan yang tepat, agar usia pemakaiannya dapat lebih lama.

Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad  mengatakan, aki kering dapat lebih awet apabila motor digunakan  sesering mungkin agar pengisian listriknya tetap stabil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Apabila motor tidak digunakan, jangan  lupa untuk tetap memanaskan mesin sekitar dua menit. Akan lebih baik kalau dilakukan setiap hari," kata Ahmad kepada VIVA.co.id.

Pemilik kendaraan  juga dianjurkan untuk selalu menggunakan electric starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin. Karena menggunakan kick starter dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Selain itu, Ahmad juga mengungkapkan untuk meminimalisir goncangan saat berkendara, sebisa mungkin hindari  jalan berlubang. Sebab aki akan cepat rusak jika terlalu sering terkena goncangan.

"Cek posisi kabel terminal aki juga sangat penting, usahakan untuk selalu tertutup rapat, soalnya bisa korsleting jika lembab," ujarnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022