Cara Mudah Rawat Jok Kulit Motor Agar Awet

Agar tetap awet, jok motor sebaiknya tak kena sinar matahari langsung.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Banyak yang tidak mengetahui bahwa jok motor kesayangan juga butuh perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Sebab, pada dasarnya bahan jok custom dan bawaan pabrik berbahan semi kulit.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Syafrizal, punggawa Gemsta Jok mengatakan, kalau ingin jok motor berbahan semi kulit tetap bagus usahakan jangan sering terkena panas matahari, karena selain warnanya pudar juga banyak efek buruknya.

"Saat terkena sinar matahari langsung bahan kulit itu mudah retak dan mengeras. Memang dalam jangka waktu lama, tapi tidak ada salahnya dihindari," ujar Syafrizal, saat ditemui VIVA.co.id di Ciledug, Tangerang.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia mengatakan, kalau sudah mulai kotor juga segera lakukan pencucian agar tidak membekas. "Kalau ingin dicuci, gunakan sampo motor. Tapi jangan diberikan air terlebih dahulu dan cukup menggunakan busa. Setelah itu baru dibilas air," tuturnya.

Menurutnya, jika jok sering disikat itu akan membuatnya rusak. Kata dia, sikat itu terlalu tajam bisa merusak permukaan bahan semi kulit.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ia mengatakan, untuk jok bernahan kanvas dilarang dicuci, sebab bahan kanvas atau kain kalau terkena air akan tembus ke busa jok. "Kalau mau dibersihkan gunakan lap microfiber atau kanebo lembab," tuturnya.

(ren)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022