Pelek Motor Paling Bagus Menurut Tukang Servis

Pelek sepeda motor
Sumber :

VIVA.co.id – Salah satu komponen yang kerap diganti oleh penggemar modifikasi motor adalah pelek. Hal ini umumnya dilakukan para pemilik motor matik, agar tampilan kaki-kaki motor terlihat lebih kekar.

Permintaan Pelek Motor 13 Inci Meningkat

Namun, kualitas pelek aftermarket kerap dilupakan oleh pemilik motor. Padahal, pelek bekerja ekstra keras menahan guncangan saat motor melibas jalan yang tidak rata.

"Sampai saat ini, saya belum pernah menemukan bahan yang bagus untuk pelek motor matik aftermarket. Kalau rusak dan di-press, rata-rata pecah. Pelek standar masih lumayan," kata Pemilik bengkel servis pelek JBB, Muhammad Rois, kepada VIVA.co.id, Senin 26 September 2016.

Malu Bertanya, Pengendara Motor Dapat Pengalaman Luar Biasa

Ia mengungkapkan, pelek motor matik bawaan Astra Honda Motor (AHM) lebih baik daripada merek lainnya. Karena, konstruksinya yang lebih kuat dan lentur, sehingga tidak rusak parah saat mengalami kecelakaan.

Sementara untuk motor jenis sport atau bebek, setiap pelek bawaan pabrik maupun aftermarket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sepeda Motor Baru Yamaha, dan Imbas Arogansi Pengendara Moge

"Pelek matik tidak ada yang bagus. Motor bebek dan sport masih lumayan. Pelek yang terkenal itu NK, itu merek paling bagus. Harganya masing-masing motor beda. Kalau untuk motor bebek, kisarannya Rp3,5 juta (versi balap)," ujarnya.

Untuk itu, dia menyarankan kepada konsumen untuk mencari tahu bahan pelek yang akan dibeli. Lebih bagus lagi bila memilih pelek bawaan pabrik motor, karena keras seperti besi namun cukup lentur untuk menghadapi jalan rusak.

"Yang bagus kayak punya Suzuki Skywave. Peleknya kuat, tapi kalau rusak parah justru tidak bisa diperbaiki, karena pecah saat di-press. Enggak elastis," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya