Ketahui Fungsi 'Rem Tangan' pada Motor Matik

Rem tangan sepeda motor.
Sumber :
  • Vhiedephia

VIVA.co.id – Meski akrab dan kerap mengendarai sepeda motor, banyak pemilik kendaraan yang tak mengetahui fungsi fitur yang menempel pada tunggangannya. Salah satunya fitur parking brake lock system khusus pada motor matik.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Tentu bagi Anda penikmat motor skutik sering melihat komponen ini bersarang di dekat rem belakang motor. Biasanya, fitur ini sudah terpasang pada skutik Honda dan juga Yamaha. Lantas, apa kegunaannya?

Kepala Bengkel WMS Honda, Sakti menjelaskan, fitur parking brake lock system berfungsi untuk membantu pengendara saat posisi macet dan dalam jalan menanjak. "Sistem kerja dari fitur ini sebenarnya sama seperti rem tangan pada mobil. Bisa menahan motor tanpa capek memegangnya," kata Sakti kepada VIVA.co.id, Jumat 7 Oktober 2016.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Selain itu, kata dia, fitur ini juga bisa digunakan ketika pengguna motor dalam keadaan ingin menyalakan sepeda motornya. "Jadi misalkan sedang diam, terus motor mau dinyalakan dan takut loncat, nah fitur ini juga bisa digunakan untuk menahan gas berlebih tadi," ujar dia.

Meski masih menggunakan tromol, Sakti menjelaskan pengereman akan tetap efektif menjaga roda tidak bergerak. Hal ini karena roda belakang merupakan penggerak utama, jadi tetap aman. "Tetap bisa aman kok, asalkan kampas remnya masih dalam kondisi baik," tutur dia.

Beli Honda BeAT Usai Lebaran Dapat Promo Khusus

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup menarik tuas rem belakang pada motor Honda, kemudian tekan tuas kecil yang berada di depan tuas rem tersebut. Tuas kecil ini adalah fitur parking brake lock system yang dimaksud. Ketika Anda tekan, maka rem belakang motor Anda akan terkunci secara otomatis.

Suzuki Avenis edisi 2024

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Suzuki Avenis 125 2024 mempertahankan desain sporty yang menjadi ciri khasnya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024