Pendapatan Negara, Pajak Industri Motor Masuk Lima Besar

Pabrik Honda Motor
Sumber :
  • Astra Honda

VIVA.co.id – Kendaraan roda dua masih menjadi alat transportasi favorit di Indonesia. Bahkan populasinya terus meningkat setiap tahun. Hal ini terjadi karena mudahnya masyarakat untuk memiliki sepeda motor dengan berbagai program yang ditawarkan.

Laku Ribuan Unit di Jawa Barat, Honda ADV 150 Inden Hampir Sebulan

Namun, siapa sangka, di balik populasinya yang terus meningkat, pendapatan negara dari pajak industri sepeda motor masuk dalam jajaran lima besar.

"Pendapatan terbesar itu masih dari tembakau. Untuk industri sepeda motor masuk di lima besar," kata Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, Rabu, 2 November 2016.

Banyak Negara Borong Skuter Matik Buatan Sunter

Untuk tahun ini, Gunadi mengungkapkan target penjualan sepeda motor diharapkan mampu mencapai 6 juta unit. Sehingga pendapatan negara dari pajak sepeda motor dapat mencapai Rp27 triliun.

"Kalau penjualan itu kemungkinan 6 juta untuk tahun ini. Lalu total pasar kita bisa mencapai Rp90 triliun dan pendapatan negara dari pajak sepeda motor itu Rp27 triliun," ujarnya.

Ekspor Motor Buatan Indonesia Pecahkan Rekor Baru

Selain itu, Gunadi mengatakan bila penjualan sepeda motor nasional mulai Januari sampai September 2016 telah mencapai 4,56 juta unit. "Sampai September itu 4,56 juta unit," katanya.

All New Honda BeAT eSP.

Daftar Motor Honda yang Laku Keras di Jawa Barat

Peminat motor Honda di Jabar cukup tinggi.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2019