Beli Jas Hujan, Ini Bahan yang Ampuh Tangkal Air

Jas hujan ponco.
Sumber :
  • Bukalapak

VIVA.co.id – Memasuki musim penghujan, jas hujan sepertinya menjadi perlengkapan wajib patut dibawa para pengendara motor. Jas hujan, tentu memiliki fungsi untuk melindungi badan pengendara dari terjangan air.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bagi pengendara yang baru berniat untuk membeli jas hujan, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam memilih jas hujan.

Penggawa Toko Biker Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Riyan mengungkapkan, pengendara disarankan memilih jas hujan berbahan karet polyvinyl chloride. Sebab, jas hujan berbahan karet lebih tahan air, ketimbang berbahan plastik dan parasut.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Sehingga, badan tetap kering dan terlindungi saat diguyur hujan. Jadi, saat berkendara lebih nyaman," kata Riyan kepada VIVA.co.id.

Selain kuat, jas hujan yang menggunakan bahan dasar karet juga memiliki sifat yang elastis, sehingga tidak mengganggu pergerakan saat berkendara di atas motor. "Jadi, bahan karet ini lebih bagus daripada bahan jas hujan lainnya," ungkap dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Bila pengendara menggunakan yang material full karet, tentu memiliki bobot yang cukup berat, sehingga membuat pengendara cepat lelah saat berkendara. "Disarankan untuk tidak berbahan full karet untuk mencegah ketidaknyamanan saat berkendara. Karena, yang full karet efeknya panas, sedangkan jas hujan yang baik yang udaranya masih bisa masuk," ungkap dia.

Riyan menyarankan, pengendara menggunakan jas hujan dengan model setelan, yaitu atas dan bawah. "Yang baik itu, yang ada atasan dan bawahan, bukan ponco, atau kelelawar, karena mengancam keselamatan. Dia bisa nyangkut di motor, sehingga pengendara bisa jatuh," katanya. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022