Hati-hati Pakai Aksesori Motor Bisa Bikin Aki Jebol 

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Penambahan aksesori pada sepeda motor sepertinya menjadi menu wajib bagi pemilik kendaraan yang gandrung akan dunia modifikasi. Berbagai cara tentu ditempuh agar tunggangan tampil beda dan sesuai impian.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Salah satu aksesori yang sering dipergunakan biker yang doyan touring atau perjalanan jauh, yakni mengubah klakson dengan produk aftermarket hingga berbunyi sirine. Lantas, apakah semua itu aman khususnya untuk sistem kelistrikan?

Wiet, penggawa bengkel spesial kelistrikan motor, Wiet Custom mengatakan, sebenarnya semua aksesori itu aman-aman saja digunakan. Kata dia, yang terpenting saat pemasangan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau pemasangan salah, pasti akan merusak kelistrikan, terutama aki," ujarnya kepada VIVA.co.id di Palem Ganda Asri II, Tangerang, Jumat, 25 November 2016.

Ia menuturkan, penyebab aki bisa jebol sebenarnya berasal dari lampu-lampu seperti penggunaan strobo ataupun penggunaan lampu LED yang tak dipasangkan dengan cara tak benar. "Seperti lampu utama yang aslinya menggunakan listrik dari spul, diubah jadi aki, biar pas dikontak dia bisa nyala," tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurutnya, kalau pemasangan lampu dengan watt besar tidak diimbangi dengan pengisian yang bagus, nantinya akan merusak aki. "Kalau seperti klakson, sirine enggak terlalu berat karena kita naik motor enggak mungkin dinyalakan terus, paling hanya sesekali saja," tuturnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022