Beredar Petisi Honda Diminta Luncurkan Tiger 250cc

Honda Tiger 2000
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – Honda pernah merasakan nikmatnya penjualan motor sport melalui Tiger. “Macan besi'”yang pertama kali meluncur 23 tahun lalu itu nampak sukses mendulang kesuksesan penjualan, karena selain modelnya yang gagah, performa mesin yang ditawarkan juga terbilang galak. Tak cuma penjualan, komunitasnya pun kemudian bertumbuh subur di seantero negeri.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

Motor yang kerap dimodifikasi agar terlihat layaknya motor gede (moge) ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 200cc. Mesin ini memiliki kompresi 9,0:1 dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 16 daya kuda. 

Meski sempat mengalami masa jaya dengan penjualan yang gemilang serta merajai segmen sport, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya harus menghentikan produksi dan penjualan Tiger pada 2013 lalu. Tiga tahun berselang, komunitas dan klub motor pabrikan Jepang ini tetap bertahan.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Namun di balik penyetopan produksi Honda Tiger, para pencintanya tetap berharap agar pabrikan mengeluarkan produk anyar dari motor tersebut untuk menghapus kerinduan mereka akan Tiger. Kini, petisi yang meminta AHM untuk merilis Tiger baru pun muncul melalui laman Change.org. Petisi itu berjudul "Kami pencinta Motor Honda Tiger, meminta Astra Honda untuk mengeluarkan Honda Tiger 250cc."

Ya jika mengacu judul petisi, mereka menginginkan ada Tiger edisi baru dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni 250cc. Menanggapi hal tersebut, Brand Activation Jakarta Honda Tiger Club 1996, Corsa Agung, mengatakan saat ini penggemar Tiger di Tanah Air tak surut meski motor itu telah setop produksi. Dirinya juga tak menampik bila penggila Tiger menginginkan edisi baru dari motor tersebut.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Honda Tiger dari masa ke masa.

"Memang banyak diskusi mengenai hal tersebut. Kami juga sangat mengharapkan adanya generasi terbaru Tiger dengan mesin lebih besar yakni 250cc. Saya sudah dengar untuk hal itu (petisi), tapi saya pribadi belum tahu apakah memang akan diberikan ke pihak Honda," kata Corsa Agung.

Selain itu, Corsa mengatakan, hingga kini penggemar Tiger terus bertahan bahkan bertambah jika melihat dari data anggota klub motor tiap tahunnya. "Enggak ada pengurangan, justru bertambah. Hingga saat ini belum ada pembicaraan atau sosialisasi dari Honda terkait hal ini," ujarnya.

Berikut bunyi petisinya:

Honda Tiger, atau dulu sering disebut juga Honda Tiger 2000 merupakan salah satu dari produk Honda yang menuai kesuksesan di Tanah Air. Kemunculannya di tahun 1993 yang masih memiliki ikatan "keluarga" dengan generasi Honda GL menjadi pembeda produk Honda dari produsen lain.

Di antara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak, Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu, 200 cc.

Praktis, dengan image motor tangguh yang disandang generasi Honda GL, Honda Tiger yang memiliki nama lain GL200, tak membutuhkan waktu yang lama untuk menarik perhatian penggemar otomotif Tanah Air. Engine Honda Tiger yang memiliki kapasitas terbesar di masanya ini sebenarnya berbasis pada engine Honda GL Pro Neotech yang sudah terbukti ketangguhan dan kebandelannya.

Karena masih memiliki engine yang identik sama dengan Honda CB dan Honda GL yang sudah keluar terlebih dahulu membuat Honda Tiger dapat memakai part dari kedua generasi pendahulunya tersebut. Jadi tidak mengherankan bila sebagian besar komponen engine Honda CB dan Honda GL ditemui pada engine Honda Tiger.

Setelah melewati beberapa Generasi sejak tahun 1993 - 2012, periode Honda Tiger 2012 merupakan generasi Honda Tiger yang terakhir yang pada 2013 sudah dihentikan produksinya. Sedangkan untuk penerusnya, sampai saat ini AHM belum tertarik untuk membuat kandidat legenda cruiser selanjutnya.

Sangat sayangkan buat kami pecinta motor ini, terutama Ratusan club/komunitas Honda Tiger yang bernaung dalam beberapa induk organisasi. Kami indin motor Honda Tiger kembali diproduksi bahkan kami indin kapasitas cc mesin bertambah lagi. Honda Tiger -terbaik untuk selamanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya