Motor Murah BMW Bakal Diproduksi di Indonesia?

BMW G310R.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id – Motor terbaru dari pabrikan asal Jerman, BMW G310 R hingga kini terus dinantikan kehadirannya oleh publik di Tanah Air. Sebab, dengan kapasitas mesin yang lumayan besar dan wujudnya yang kekar, harga jualnya dijanjikan murah ketimbang kompetitor sejenis.

Demi Wakaf Masjid, Aa Gym Rela Melelang Barang Kesayangannya

Pihak PT Maxindo Moto selaku agen pemegang merek (APM) BMW Motorrad di Indonesia telah melakukan konfirmasi bahwa motor pesaing KTM Duke itu akan meluncur di kuartal pertama tahun depan. Namun, adakah niatan BMW untuk memproduksinya di Indonesia? Mengingat teman bisnisnya TVS yang memiliki pabrik di Indonesia.

"Untuk masalah itu, sampai saat ini kami masih berpatokan pada rencana awal, di mana motor itu akan diproduksi di India, dan kami juga belum ada rencana untuk produksi di luar," kata Motorrad Director Importer Region East Asia, Miguel Liabres-Pohl, Senin, 28 November 2016.

Motor Favorit Ariel NOAH Segera Hadir Versi Barunya

Miguel pun mengatakan, untuk model lainnya, hingga kini BMW di Asia Tenggara dan Timur khususnya, masih mengandalkan perakitan produknya di Thailand. Mengingat pabrik itu belum lama berdiri.

"Kalau untuk model lainnya, di Asia sendiri, BMW masih mengandalkan pabrik yang ada di Thailand. Jadi, belum sampai saat ini. Di sana (Thailand) juga kami tidak memproduksi semua model, hanya beberapa motor saja, sisanya masih dibuat di pusatnya, Berlin," ujarnya.

Tom Cruise Beraksi Pakai Motor Kebanggaan Ariel NOAH

Rencana pabrikan asal Jerman, menghadirkan BMW G310 R di Indonesia tinggal menghitung bulan. Sebab motor yang sudah muncul belakangan di ajang EICMA Milan itu direncanakan akan meluncur pada kuartal pertama di 2017.

"Perusahaan kami sedang memproses, secepatnya dengan berbagai aspek objektif, diperkirakan akhir tahun ini selesai (persiapannya)," katanya. Miguel meyakini motor tersebut sangat cocok dengan kondisi pasar roda dua di Indonesia.

"Mengenai harga, kami terus mengomunikasikan dengan pihak principal. Pertimbangannya tentu dari teknologi produk, perkembangan produk, dan nantinya akan dihasilkan harga," katanya.

Berdasarkan rumor yang beredar, sedianya motor 'murah' itu akan dijual dengan harga di bawah Rp100 juta. Motor itu bisa terbilang murah karena dibuat di India dengan memanfaatkan pabrik TVS. Meski demikian teknologi sepeda motor akan tetap digarap BMW di Jerman.

Maka tak heran bila motor ini akan dijual lebih murah bila dibandingkan dengan sejumlah kompetitornya. Bahkan beberapa informasi menyebutkan bila harga BMW G310R akan lebih murah dari KTM Duke 390.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya