Banyak Kerikil Menyelip di Ban Bisa Bikin Bocor?

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Tanpa adanya ban, kendaraan susah untuk bisa bergerak melintasi permukaan jalan.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Seiring waktu penggunaannya, ban motor tentu tak luput dari masalah. Salah satunya adalah adanya batu kerilkil menyelip di antara kembang ban.

Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan, apakah kerikil bisa membuat ban jadi mudah bocor dan rusak?

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

“Tidak juga. Soalnya, lapisan ban yang digunakan tiap produsen tentunya sudah mempertimbangkan segala aspek, termasuk kerikil atau benda yang lain. Kecuali kena paku, karena kan gampang tembus ke bagian ban,” kata Dery, mekanik Planet Ban Radjiman, Jakarta Timur, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 20 Desember 2016.

Kendati demikian, Dery menuturkan, jika sudah mengalami hal tersebut, disarankan pengguna untuk segera membersihkan kerikil dari ban.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Hal ini berguna untuk mencegah kondisi ban mengalami degradasi kualitas, akibat banyaknya kerikil yang menempel.

“Tidak perlu terlalu sering, dua minggu sekali sudah cukup. Atau ketika melakukan pencucian motor. Meski tidak ada efek samping, namun kan bisa sembari mengecek kondisi ban,” ujarnya.

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024