Cara Rawat Ban agar Tak Cepat Retak dan Gampang Bocor

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Musim liburan tiba. Banyak masyarakat yang memanfaatkan liburan untuk mengunjungi berbagai tempat dengan beragam cara, salah satunya dengan menggunakan transportasi umum. Jika sudah begitu kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor pasti dibiarkan dalam waktu cukup lama. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Meski demikian, jangan membiarkan begitu saja kendaraan pribadi Anda, sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komponen tetap terjaga. Salah satunya pada bagian kaki-kaki seperti ban.

Menurut Dery, penggawa Planet Ban Radjiman, Jakarta Timur, terlalu lama menyimpan kendaraan dengan posisi ban yang tak sesuai perlakuannya akan membuat usia pakai lebih cepat habis. Apalagi jika didiamkan lama di luar rumah dengan pancaran sinar matahari langsung, salah-salah ban akan retak dan cepat bocor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Itu karena sinar matahari membuat karet ban cepat mengeriput, hilangnya antioksidan di permukaan ban membuatnya cepat retak dan juga bocor,” kata Dery kepada VIVA.co.id.

Dery menuturkan, sebaiknya hal yang mesti dilakukan oleh pemilik yaitu dengan menghindari kontak matahari langsung dan menyimpan kendaraan di dalam rumah. Kalaupun tidak, ada baiknya menggunakan sarung penutup. “Begitu juga di dalam rumah, usahakan kalau motor diberdirikan dengan standar dua, untuk menjaga udara tetap normal dan menghindari tumpahan bahan kimia apabila tidak sengaja tumpah,” ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Lantas, bagaimana dengan ban yang belum terpasang? Kata Dery, yang perlu diperhatikan yaitu cara meletakkan ban kendaraan. Usahakan tidak menumpuk di satu tempat. “Kalaupun memang menumpuk dirapikan saja, jangan lupa diberikan alas di bawahnya untuk menghindari rusaknya ban akibat tumpukan,” katanya.

(mus)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022