Awal Tahun, Peminat Motor Bekas Menurun

Deretan motor sport bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur.
Sumber :
  • FOTO: Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pasar sepeda motor bekas di awal 2017 belum menunjukkan geliatnya. Tanda-tanda lonjakan permintaan dibanding tahun sebelumnya masih belum terlihat. Hal itu dialami sejumlah pedagang motor bekas di Kawasan Condet, Jakarta Timur.

Pilihan Skutik Bekas di Bawah Rp5 Juta, Banyak Juga

Penggawa diler motor bekas Kanya Motor, Abdillah mengungkapkan, sepinya penjualan sepeda motor bekas di awal tahun dipicu beberapa faktor kenaikan harga. Seperti kenaikan tarif dasar listrik, harga bahan bakar minyak non-subsidi dan tarif surat pengurusan kendaraan.

"Sehingga daya beli masyarakat menurun. Kenaikan harga yang dibuat pemerintah sangat memberatkan masyarakat, terutama buat kami pedagang motor seken," kata Abdillah saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta, Selasa, 17 Januari 2017.

Cuma Punya Uang Rp5 Jutaan, Bisa Kok Pilih-pilih Motor Matik Bekas

Selain sejumlah kenaikan harga, kemudahan masyarakat untuk mendapatkan motor baru, seperti rendahnya uang muka atau pun program lainnya juga membuat minat terhadap motor bekas menurun. "Kalau pasaran sepi, kita tidak menambah stok motor bekas. Takut juga, karena harga motor bekas kan turun ya, apalagi kalau ada motor baru," ujarnya.

Hal senada disampaikan penggawa Abba Motor, Husein. Menurut dia, awal tahun ini belum ada tanda-tanda lonjakan permintaan dibanding tahun sebelumnya. Malah, kata dia, penjualan mengalami penurunan. "Iya belum ada (kenaikan) cenderung datar. Penurunan otomatis terjadi, kalau Januari 2016 kita menjual 30 unit, awal tahun ini baru belasan," ungkap dia.

Enggak Nyangka, Segini Harga Yamaha XMax Bekas

Dia memprediksi, kenaikan penjualan motor bekas 2017 baru akan terjadi pada Mei mendatang. Apalagi bila ada momentum hari raya agama. Katanya, di momen itu biasanya pedagang motor seken meraup keuntungan besar. "Iya banyak keuntungan di hari keagamaan seperti Lebaran. Itu dari dulu momen seperti itu motor bekas penjualannya naik," katanya.

(mus)

Yamaha Nouvo.

Harga Skuter Matik Bekas Ini Beda Tipis Sama Motor Keluaran 2020

Skuter matik Yamaha Nouvo bekas lansiran 2007, ada yang ditawarkan oleh pedagang di lapak online dengan harga Rp15 juta.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2020