Ternyata Ini Fungsi Lubang-lubang pada Rem Cakram

Cakram rem.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Bagi pengendara sepeda motor, mungkin banyak yang belum tahu mengapa bentuk rem cakram berlubang-lubang. Ternyata lubang pada rem cakram memiliki fungsi khusus.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

General Manager Aftersales Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad Abidin mengungkapkan, lubang-lubang yang terdapat pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panas logam saat pengereman dilakukan berulang kali.

"Rem cakram itu pasti juga akan menghasilkan panas kalau terus digesek, panas ini juga butuh pelepasan. Nah fungsi lubang itu untuk pelepasan panas saat mengerem," kata Abidin kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Tak hanya berfungsi melepas panas, lubang pada rem cakram juga bertujuan mencegah kotoran menempel pada sambungan kampas rem dan disc brake. Jadi saat ada debu atau kotoran, hanya menempel pada lubang tersebut. "Jadi lubang pada rem cakram itu punya fungsinya, enggak sekadar variasi atau model saja," ujarnya menambahkan.

Posisi lubang rem cakram setiap motor berbeda-beda. Hal itu karena pabrikan telah menyesuaikan dengan model kendaraan. "Kalau motor sport dikasih sudutnya agak miring, kalau motor bebek karena dimensinya kecil, dibentuk berlubang-lubang mengikuti total desain motor," katanya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022