Gantungan pada Kunci Motor Tidak Disarankan, Kenapa?

Kunci motor yang juga berfungsi sebagai remote Answer Back System.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Kunci kontak tentu menjadi bagian penting untuk menyalakan sebuah kendaraan termasuk sepeda motor. Nah, tentu Anda pernah mendengar atau bahkan mengalami kasus kehilangan kunci kontak hilang karena terjatuh dalam perjalanan.

Viral Bengkel Motor Pinggir Jalan Bergeser dan Lenyap, Ini Biang Keroknya

Hal itu disebabkan karena kunci kontak terasa longgar dan mudah copot. Bagi Anda yang mengalami masalah kunci kontak kendor, tentu solusi terbaik adalah memperbaiki atau mengganti dengan yang baru. Lalu berapa biaya untuk memperbaiki atau membuat kunci kontak baru?

Ahli kunci dari Afel Variasi, Asen, mengungkapkan kunci kontak mulai terasa longgar saat dipasang di rumah kunci lantaran usia pemakaiannya. "Itu karena yang di ujung kunci mulai aus karena sering masuk keluarin kunci," kata Asen saat ditemui VIVA.co.id di MGK Kemayoran, Jakarta.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Solusinya kata dia adalah, membawa kunci tersebut ke ahli kunci untuk diperbaiki. Nantinya, bagian dalam rumah kunci terutama bagian gigi mekaniknya ditinggikan sekitar 0,5 milimeter.

"Kalau kunci ngelos, rumah kuncinya ditinggiin sekitar 0,5 milimeter biar kunci dapat tersangkut. Bisa juga dibuat anak kunci baru dengan mencontoh yang lama kemudian cetakannya ditinggiin sedikit," katanya.

Fungsi dan Perawatan Filter Udara pada Motor, Bikers Wajib Tahu

Lebih jauh Asen menyebut, untuk mencegah kunci kontak mudah lepas disarankan pemilik tak menggantung benda dengan anak kunci. Tak lupa dia mengingatkan selalu dilakukan perawatan yaitu menyemprotkan cairan penetral di anak kunci dan masukkan ke kunci kontak.

"Biasakan jangan memaksa untuk memutar kunci kontak bila terasa macet. Untuk diganti kunci baru biayanya sekitar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu," katanya. (one)

Ilustrasi mengemudi mobil di tengah hujan

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Berita tentang geger seorang wanita dilarang naik kendaraan online gegara bernama ini hingga komika usir ibu menyusui menjadi terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id. 

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024