Yamaha Jadi Penyebab Kawasaki Indonesia Tak Hadirkan Skutik

Kawasaki J300.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Skuter matik berbadan bongsor tengah digandrungi masyarakat Tanah Air. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya Yamaha NMAX yang terjual. Sementara itu, meski belum resmi dijual, namun XMAX bermesin 250cc milik Yamaha juga mulai diincar konsumen.

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Kawasaki, ternyata memiliki motor dengan bentuk yang tidak jauh berbeda, yakni J300. Untuk pasar otomotif global, J300 merupakan saingan XMAX 300. Lalu, apakah Kawasaki tertarik menghadirkan skutik bongsor untuk menyaingi Yamaha?

Menanggapi hal tersebut, Deputy Head Sales and Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael Chandra Tanadhi, mengatakan, KMI hingga saat ini tidak memiliki keinginan membawa skutik bongsor ke Tanah Air.

Honda PCX dan Yamaha Nmax Dapat Saingan Baru

"Enggak, karena kami bukan spesialis di skutik, kami di sport. Jadi, kami di KMI enggak memiliki keinginan itu," kata Michael di Jakarta.

Hal lain yang membuat Kawasaki enggan meluncurkan skutik bongsor adalah karena Yamaha telah lebih dulu bermain di segmen tersebut. "Mereka (Yamaha) bermain duluan, sebagai pionirnya. Kami jadinya enggak tertarik," ujar Michael.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

Ia juga mengatakan, KMI tidak ingin lagi bermitra dengan pabrikan motor lainnya untuk menghadirkan produk baru di Indonesia. Michael mengaku pernah memiliki pengalaman kurang enak saat KMI bekerja sama dengan Bajaj. Sementara, produk skutik bongsor yang dijual Kawasaki di luar negeri adalah hasil kerja sama dengan Kymco.

"Karena pengalaman sebelumnya dengan Bajaj, jadi kami enggak mau bawa di luar Kawasaki lagi. Kami enggak mau Bajaj terulang lagi. Dulu sudah ada kerja sama (dengan Bajaj), dan hasilnya seperti itu," kata Michael. (one)

Ilustrasi motor bekas

Duel Yamaha NMAX vs Honda PCX di Pasar Motor Bekas, Siapa Paling Laris?

Dari sekian banyaknya merek yang ditawarkan di pasar motor bekas, ada dua kendaraan yang hingga saat ini masih diminati oleh konsumen yaitu Yamaha NMAX dan Honda PCX.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024