Honda Scoopy Terbaru 'Gunakan' Ban Vespa, Kenapa?

Honda Scoopy terbaru
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Ada yang berbeda dari tampilan Honda Scoopy terbaru yang diluncurkan Astra Honda Motor hari ini. Yang paling terlihat, tentu tampilan ban yang ditanamkan pada motor skutik andalan Honda ini. Kenapa?

Mau Beli Honda Stylo 160 Usai Lebaran, Segini Harganya

Ya, Scoopy terbaru ini memiliki ukuran velg yang lebih kecil, yakni ring 12, berbeda dari generasi sebelumnya yang lebih besar dengan mengadopsi ring 14 inci. Pihak Astra Honda Motor sendiri membeberkan alasannya.

R&D Honda South Asia Company Limited, Izumi Kanazawa mengatakan, ukuran velg lebih kecil biar terlihat lebih ciamik. Namun, tak lantas menghilangkan kenyamanan dalam berkendara. Karena, ukuran ban semakin membulat dan besar.

Honda Antar 2 Ribuan Pemudik Menuju Kampung Halaman Menggunakan 59 Bus

"Sebenarnya diameter luar antara velg 12 inci dan 14 inci sama, sehingga untuk ketinggian sama, tetapi dari segi kenyamanan yang 12 inci lebih baik dari pada 14 inci, karena lebih stabil dan karakternya (ban) lebih besar," katanya di Gandaria, Jakarta Selatan, Rabu 29 Maret 2017.

Meksi menggunakan ban dengan ukuran velg lebih kecil, namun untuk ground clearance lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Kata dia, kenaikan hingga tiga persen itu sama saja dengan tujuh milimeter. Kenaikan ini, karena frame Scoopy baru dan engine link penyambung antara mesin dan sasis juga baru.

Honda Vario Terbaru Resmi Meluncur Jelang Lebaran, Harga Mulai Rp22 Jutaan

"Kalau yang di Thailand Honda menjual Scoopy i dengan dua pilihan velg 14 inci dan 12 inci. Kenapa? Karena, konsumen di Thailand memakai Scoopy itu positioning seperti Beat di Indonesia. Sebenarnya untuk performa yang 14 inci lebih bagus dari pada 12 inci," katanya.

Jangan lupa follow instagram @otoVIVA.co.id

Honda mengeluarkan All New Scoopy untuk memanaskan persaingan di kelas skuter matik. Seakan tak mau kalah, Yamaha juga mengeluarkan N-Max edisi terbatas di waktu yang sama. Mau lihat perbandingannya? Lihat di video otoVIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya