Menilik SYM, Skuter Matik dari Taiwan

Sym di Indonesia Motorcycle Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sebagai produsen motor asal Taiwan, SYM yang bernaung di bawah PT Sanyang Industri Indonesia terus mencari cara untuk bisa sukses memasarkan produk mereka di Tanah Air.

SYM 4MICA, Skutik Bertampang Retro dengan Desain Unik

Karena tidak memiliki pabrik di Indonesia, maka SYM masih mendatangkan komponen dari luar negeri. Komponen tersebut dirakit menjadi unit sepeda motor dan dipasarkan.

Manajer Penjualan dan Pemasaran SYM Indonesia, Dadang Komara, mengatakan, perusahaannya bersusah payah memasarkan produknya di Indonesia. Sebab, masih beredar stigma bahwa produk Taiwan sama dengan buatan China.

Penantang PCX dan Nmax Resmi Meluncur, Tampangnya Futuristik

"Yang jadi kendala kami, konsumen tahunya ini produk China, padahal ini produk Taiwan. Produk China dan Taiwan itu berbeda. Mereka (konsumen) anggapnya sama, " kata Dadang di Jakarta, Rabu 5 April 2017.

Perusahaannya, lanjut dia, terus mengedukasi masyarakat tentang merek SYM di Indonesia. Caranya yakni dengan aktif mengikuti berbagai pameran.

Ini Spesifikasi Lengkap Motor Baru Pesaing NMax dan PCX

"Lewat pameran dan diler-diler kami, kami beri tahu kepada konsumen bahwa produk kami itu berbeda. Punya keunggulan dibanding China. Memang tidak mudah,” jelasnya.

Dadang menambahkan, untuk lebih mendongkrak penjualan, SYM Indonesia mengadakan kegiatan komunitas SYM dan mengikutkan motor mereka dalam kegiatan touring motor buatan Eropa di Indonesiaa.

"Strategi kami, misalnya ada touring motor Eropa, kami selipkan, meskipun sebagai cadangan. Supaya mereka bisa coba. Responsnya cukup bagus, cuma kata mereka gengsinya kurang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya