Kelebihan Motor Gunakan Ban Radial, Jarang Diketahui Orang

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Para pengguna kendaraan bermotor pasti sudah sering mendengar nama ban bias serta radial. Namun baru sebagian yang mengetahui perbedaan antara kedua ban tersebut beserta kelebihannya. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Arijanto Notorahardjo mengatakan, perbedaan ban bias dengan radial terletak pada konstruksinya. "Konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan serat baja, sedangkan konstruksi ban bias bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon," kata Arijanto di Karawang, Jawa Barat.

Dia menambahkan, konstruksi ban radial juga lebih ringan, sehingga handling lebih mudah. Hal itu karena lapisan penguat yang digunakannya. Ini yang jarang diketahui publik. "Pada ban depan sama-sama pakai 3 ply, karena berfungsi sebagai pendukung handling dan stabilitas, sedangkan ban belakang radial hanya pakai 2 ply sementara bias pakai 4 ply," tuturnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ban radial memiliki kelebihan, yaitu panas yang ditimbulkan lebih lama ketimbang ban bias, sehingga ban lebih stabil ketika kendaraan digunakan dalam kecepatan tinggi. Ban radial juga tahan terhadap jalan rusak. "Ban radial juga usianya lebih tahan lama alias awet ya, memberi kenyamanan kepada pengendara," ujarnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022