Posisi Badan Ideal saat Ngerem Sepeda Motor 

Satu peserta di Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) Batam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA.co.id – Menunggangi sepeda motor memang terlihat sepele, namun tidak sedikit pengguna motor yang belum mengetahui cara mengendarai kuda besi dengan benar dan aman. Salah satu teknik berkendara yang masih diabaikan sebagian pemotor adalah teknik pengereman. Padahal bila melakukan kesalahan bisa berakibat fatal.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Chief Instructor Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky mengatakan, teknik pengereman yang baik adalah mencondongkan berat badan ke belakang.

"Ketika ban terangkat berarti pengeremannya tidak stabil dan itu berbahaya. Kami enggak menganjurkan mengerem sambil ngangkat," kata Johanes, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 16 Mei 2017.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Teknik pengereman dalam hal safety riding, kata dia, posisi badan jangan menumpu pada roda depan. Sebab kalau mengerem dengan badan condong ke bagian depan, posisi beban akan ke depan semua sehingga cenderung akan terangkat.

"Seumpama sepeda motor, kalau jatuh kan ke kiri, tapi kalau ada roda yang terangkat, kemungkinan jatuhnya akan bertambah jadi kita enggak anjurkan ngerem sampai ngangkat," tuturnya. (hd)

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil
Service Motor

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan sepele mereka dapat membuat motor boros bensin.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024