Motor Yamaha XMAX 250 Punya Fitur Antijatuh

Yamaha XMAX.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Yamaha sudah resmi meluncurkan skuter matik bongsor terbaru mereka di Indonesia, yakni XMAX 250. Berbeda dengan NMAX, skutik baru ini mengusung mesin lebih besar dan beberapa fitur canggih.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

XMAX yang dijual di dalam negeri dibekali mesin satu silinder berkapasitas 250 cc, sementara yang diekspor memakai mesin 300 cc. Dengan menghadirkan mesin berkapasitas 250 cc, XMAX bisa ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat untuk motor kelas 250 cc, yakni Rp55 juta on-the-road Jakarta.

Selain mesin, XMAX juga dibekali satu fitur canggih yang dapat membantu pengendara agar tidak terjatuh saat ban belakang kehilangan traksi. Fitur yang dimaksud yakni Traction Control System atau TCS. Fitur ini umumnya terpasang pada motor-motor bermesin besar.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Dilansir dari laman Yamaha Europe, Senin 29 Mei 2017, TCS terdiri dari komputer dan beberapa sensor yang terpasang pada mesin dan roda. Yamaha memiliki beberapa model TCS, mulai dari generasi pertama hingga generasi ketiga. Untuk yang terakhir, fitur tersebut terpasang pada moge andalan Yamaha, yakni R1.

TCS yang dipakai XMAX adalah generasi 1.5, satu tingkat di atas generasi pertama. Fitur ini memungkinkan komputer mendeteksi putaran mesin, jumlah bahan bakar yang disemprotkan injeksi dan putaran roda, baik depan maupun belakang.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Saat terjadi perbedaan putaran antara roda depan dan belakang (akibat dari roda belakang selip), maka komputer akan mengurangi tenaga mesin dengan cara memundurkan pengapian dan mengurangi pasokan bahan bakar.

Dengan demikian, tenaga mesin yang disalurkan oleh roda belakang menjadi berkurang, sehingga ban belakang dapat kembali mendapatkan traksi. Semua itu dilakukan dalam hitungan sepersekian detik, tanpa campur tangan pengendara. (ase)

Yamaha XMax warna baru

Ada Kejutan untuk Pembeli Motor Yamaha XMax

Varian XMax dengan warna hitam mendapat polesan tambahan di sektor bodi maupun pelek yang berwarna emas, sehingga lebih berkilau.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2021